Angin Kencang Landa Jakarta Timur hingga Atap Rumah Warga Roboh

Sejumlah pohon tumbang akibat angin kencang

Jakarta, IDN Times - Angin kencang yang melanda Jakarta Timur mengakibatkan 12 pohon tumbang dan satu atap rumah warga roboh pada Selasa (8/3/2022).

Kasi Operasional Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur, Gatot Sulaeman, mengatakan berdasarkan laporan warga lokasi pohon tumbang akibat angin kencang tersebar di beberapa tempat.

"Ada di Jalan RA Fadilah dan Jalan Kalisari, Kecamatan Pasar Rebo. Kemudian, di Jalan Suci dan Jalan Kampung Jati Kecamatan Ciracas," kata Gatot seperti dikutip dari ANTARA, Rabu (9/3/2022).

1. Pohon tumbang telah dievakuasi petugas

Angin Kencang Landa Jakarta Timur hingga Atap Rumah Warga RobohPohon tumbang (Twitter @TMCPoldaMetro)

Menurut Gatot, pohon tumbang juga ditemukan di Jalan Pahlawan Revolusi Kecamatan Duren Sawit. Di Jalan Haji Baping, Jalan Rawa Babon, dan Jalan Pesona Kalisari Kecamatan Ciracas. Kemudian, di Jalan Raya Kiwi dan Jalan Belly Kecamatan Pasar Rebo.

Petugas dari Sudin Gulkarmat Jakarta Timur dan petugas gabungan lainnya, kata dia, telah mengevakuasi pohon tumbang itu. Tidak ada korban jiwa akibat pohon tumbang itu. 

"Pohon yang tumbang diameternya berbeda-beda, mulai dari 30 sentimeter hingga 100 sentimeter," ujar Gatot.

Baca Juga: Depok Kembali Dilanda Angin Kencang, Pohon hingga Reklame Roboh

2. Atap rumah warga Kecamatan Makasar roboh karena angin kencang

Angin Kencang Landa Jakarta Timur hingga Atap Rumah Warga RobohIlustrasi bangunan rusak akibat angin kencang. ANTARA FOTO/Siswowidodo

Pada hari yang sama, ada juga laporan atap rumah warga di Jalan Komodor Halim, Kecamatan Makasar, roboh karena terdampak hujan deras dan angin kencang.

"Atap dari bahan asbes itu terangkat saat hujan kencang dan jatuh di depan rumah serta melintang di atas kabel PLN. Ukuran atap sekitar 4X10 meter. Tidak ada korban dan sudah langsung ditangani anggota," tutur Gatot.

3. BMKG telah sampaikan peringatan potensi angin kencang di Jabodetabek

Angin Kencang Landa Jakarta Timur hingga Atap Rumah Warga RobohIlustarsi Puting Beliung (IDN Times/Mardya Shakti)

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan adanya potensi angin kencang yang masih bisa terjadi di sejumlah wilayah Indonesia hingga Rabu (9/3/2022).

"Berdasarkan analisis dinamika atmosfer pada Senin (hari ini), fenomena angin hingga lebih dari 30 km per jam masih dapat berpotensi terjadi untuk dua hari ini," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam keterangan tertulis BMKG dikutip dari ANTARA, Senin (7/3/2022).

Guswanto menyebut, sejumlah wilayah yang berpotensi dilanda angin kencang tersebut adalah Banten, Jabodetabek, Kalimantan Tengah bagian selatan, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan.

Timbulnya angin kencang tersebut, dipicu oleh adanya pola sirkulasi siklonik di wilayah perairan Laut Timor yang membentuk pola pertemuan angin di wilayah Lampung, Banten, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Kalimantan bagian selatan, Sulawesi dan Nusa Tenggara.

Baca Juga: Waspada! Angin Kencang Masih Akan Melanda Jabodetabek hingga Lusa

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya