Gempa Bumi 6,4 SR Guncang NTB, Terasa Hingga ke Bali

Gempa terasa kuat dan lama, warga panik.

Jakarta, IDN Times - Gempa bumi berkekuatan 6,4 pada Skala Richter(SR) mengguncang Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Gempa tak berpotensi tsunami itu terjadi pada pukul 06.47 WITA, Minggu (29/7).

Hasil analisis sementara Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan pusat gempa bumi tersebut pada koordinat 8,26 lintas selatan, dan 116,55 bujur timur.

"Lokasi gempa terjadi di regional Sumbawa pada kedalaman 10 KM," kata Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Agus Riyanto, seperti dikutip dari Antara.

Ia mengimbau warga untuk berada di luar rumah, sebab gempa susulan beberapa kali terjadi dan dirasakan warga kota Mataram, ibu kota Provinsi NTB.

1. 31 gempa susulan

Gempa Bumi 6,4 SR Guncang NTB, Terasa Hingga ke BaliIDN Times/Sukma Shakti

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendata telah terjadi 31 kali gempa susulan pascagempa berkekuatan magnitudo 6,4 yang mengguncang Lombok, Bali dan Sumbawa pada hari ini.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono menyebutkan, gempa bumi susulan (aftershock) yang paling kuat dengan magnitudo 5,7.

"Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Gempa bumi yang terjadi tidak menimbulkan tsunami," katanya.

2. Pusat gempa di darat

Gempa Bumi 6,4 SR Guncang NTB, Terasa Hingga ke BaliANTARA FOTO/Zakir

Hasil analisis BMKG menunjukkan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,4 LS dan 116,5 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 47 km arah timur laut Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, pada kedalaman 24 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter, kedalaman hiposenter, dan mekanisme sumbernya maka gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Naik Flores (Flores Back Arc Thrust).

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa tersebut dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

3. Guncangan cukup kuat dan lama

Gempa Bumi 6,4 SR Guncang NTB, Terasa Hingga ke BaliIDN Times/Fitang Adhitia

Guncangan gempa dilaporkan telah dirasakan di daerah Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Timur, Mataram, Lombok Tengah, Sumbawa Barat dan Sumbawa Besar pada skala intensitas II SIG-BMKG (IV MMI), Denpasar, Kuta, Nusa Dua, Karangasem, Singaraja dan Gianyar II SIG-BMKG (III-IV MMI).

Sementara di Bima dan Tuban II SIG-BMKG (III MMI), Singaraja pada skala II SIG-BMKG atau III MMI dan Mataram pada skala II SIG-BMKG atau III MMI.

"Getaran gempa cukup besar dan relatif lama. Guncangan juga masih terasa," kata Amroni, salah seorang warga kelurahan Kebon Sari, Kota Mataram, yang berhamburan keluar rumah bersama seluruh anggota keluarganya saat terjadi gempa.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya