Kemenhub Minta Sentra Vaksinasi Tersedia untuk Pemudik di Pulo Gebang 

Agar pemudik yang belum memenuhi persyaratan bisa tetap jalan

Jakarta, IDN Times - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta untuk menyediakan fasilitas seperti gerai vaksinasi dan tempat tes swab antigen di Terminal Pulo Gebang bagi masyarakat yang ingin mudik, namun belum terpenuhi persyaratan untuk melakukan perjalanan.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi saat menggelar Rapat Persiapan Angkutan Lebaran 2022, sekaligus mengecek kesiapan armada bus di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Sabtu (9/4/2022).

"Jadi, saya minta kepada Kadishub DKI dan kepala terminal, mohon disediakan gerai vaksinasi dan tempat tes antigen, agar semua masyarakat dapat kita bantu untuk melakukan perjalanan," kata dia seperti dikutip dari ANTARA.

 

1. Kadishub DKI memastikan seluruh sarana telah siap beroperasi jelang mudik lebaran

Kemenhub Minta Sentra Vaksinasi Tersedia untuk Pemudik di Pulo Gebang (Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Balai Kota DKI) IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Hadir pula dalam rapat itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo dan pimpinan Perusahaan Otobis (PO) serta pihak terkait.

Sementara itu, Syafrin mengaku pihaknya  telah melakukan sejumlah persiapan untuk menyambut Angkutan Lebaran tahun ini.

Mulai dari sarana, kata Syafrin, pihaknya sudah mengkoordinasikan dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

"Yang sudah kami lakukan saat ini adalah 'ramp check' (inspeksi keselamatan). Seluruh sarana yang digunakan dari Jakarta telah siap beroperasi dan sudah memenuhi persyaratan teknis maupun laik jalan," kata Syafrin.

Baca Juga: Penumpang Bus Antarkota di Terminal Pulo Gebang Naik Saat PPKM Level 1

2. Operator bus diminta persiapkan pengemudi dalam kondisi prima

Kemenhub Minta Sentra Vaksinasi Tersedia untuk Pemudik di Pulo Gebang Terminal Bus Pulo Gebang (IDN Times/Dian Ayu Gustanty)

Kemudian, Syafrin mengatakan mengenai kesiapan pengemudi, pihaknya telah mengimbau pada seluruh operator bus untuk menyiagakan seluruh pengemudi pada Angkutan Lebaran 2022.

"Dalam arti sehat secara fisik, rohani, dan akan dilakukan pengetesan urine serta tes kesehatan. Paling tidak dapat diidentifikasi, apakah pengemudi tersebut dalam kondisi terbaik atau tidak, kalau tidak siap maka akan diminta pengemudi pengganti," ucap Syafrin.

3. Kesiapan administrasi angkutan lebaran juga diperhatikan

Kemenhub Minta Sentra Vaksinasi Tersedia untuk Pemudik di Pulo Gebang ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Sementara itu, mengenai kesiapan administrasi, Syafrin menjelaskan bahwa jajarannya terus melakukan pengendalian lapangan.

"Kami minta PO untuk melengkapi dan melakukan KIR untuk perpanjangan uji berkala maupun kartu pengawasan. Kami harapkan di masa Angkutan Lebaran ini semua sudah siap," kata Syafrin.

Baca Juga: Catat! Ini Titik-Titik Lokasi Rawan Macet Saat Mudik Lebaran 2022 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya