Menhan Prabowo Terima Bantuan APD Senilai Rp21 Miliar dari Australia

Diantar pesawat C-130J Hercules Royal Australian Air Force

Jakarta, IDN Times - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima bantuan alat pelindung diri (APD) senilai AUS$2 juta atau lebih dari Rp21 miliar untuk TNI dari Kementerian Pertahanan Australia. Bantuan tersebut tiba di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Sabtu (29/8/2020).

Bantuan APD yang terdiri atas sarung tangan, jubah medis, masker serta alat diagnostik termometer itu diangkut dengan pesawat C-130J Hercules Royal Australian Air Force (RAAF) dan disampaikan oleh Menteri Pertahanan Australia Linda Reynolds.

1. Menlu Australia sebut TNI berperan penting dalam mendukung penanganan COVID-19 di RI

Menhan Prabowo Terima Bantuan APD Senilai Rp21 Miliar dari AustraliaTes COVID-19 di Sydney, Australia, pada 16 Juli 2020. ANTARA FOTO/Image/Bianca De Marchi via REUTERS

Menhan Linda Reynolds menyebut Indonesia dan Australia sebagai mitra lama yang memiliki hubungan kuat dan sejarah panjang dalam bekerja sama, khususnya saat saling membutuhkan.

"COVID-19 membawa tantangan baru dan ketidakpastian bagi dua negara kita. Seperti Angkatan Bersenjata Australia di sana, TNI memainkan peran penting dalam mendukung penanganan COVID-19 di Indonesia," ujar dia dalam keterangannya seperti dikutip dari ANTARA, Sabtu (29/8/2020).

Angkatan bersenjata dua negara itu juga disebut Linda memiliki jalinan kerja sama berbagi pengetahuan dan pelajaran dalam penanganan pandemik COVID-19.

Baca Juga: Jika Menolak Isolasi Mandiri, Australia Ancam Denda Warga Rp52 Juta!

2. Prabowo apresiasi kerja sama bidang militer antara Indonesia dan Australia

Menhan Prabowo Terima Bantuan APD Senilai Rp21 Miliar dari AustraliaMenhan Prabowo dalam pelantikan Wagub DKI Jakarta (Youtube/Sekretariat Presiden)

Sementara, Menhan Prabowo Subianto mengapresiasi kerja sama bidang militer antara Indonesia dan Australia. Selain bantuan dalam menghadapi pandemik COVID-19, Indonesia dan Australia sering menjalankan latihan bersama pasukan tentara kedua negara. Australia disebutnya telah mengundang banyak perwira TNI untuk ikut serta dalam pendidikan di akademi militer Australia.

Indonesia pun pada awal 2020 mengirimkan bantuan personel yang diterjunkan untuk membantu penanganan kebakaran hutan dan lahan di New South Wales, Australia.

3. Kasus COVID-19 RI meroket dalam 3 hari berturut-turut

Menhan Prabowo Terima Bantuan APD Senilai Rp21 Miliar dari AustraliaIlustrasi swab massal (IDN Times/Hilmansyah)

Kasus positif COVID-19 di Indonesia hari ini mencatat penambahan sebanyak 3.308 orang. Angka tersebut mengalahkan rekor penambahan tertinggi kasus positif virus corona sebelumnya yaitu 3.003 pada Jumat 28 Agustus 2020.

Sebelumnya, Kamis 27 Agustus 2020, naik 2.719 kasus positif. Dengan demikian, dalam tiga hari berturut-turut kasus COVID-19 harian Indonesia melesat naik.

Baca Juga: Tekan Lonjakan Kasus COVID-19, Melbourne akan Terapkan Jam Malam

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya