Comscore Tracker

Rayakan Iduladha, ACT Akan Salurkan Daging Kurban bagi 100 Ribu Warga Jakarta

1.000 hewan kurban bakal disembelih untuk warga Jakarta

Jakarta, IDN Times - Sekitar dua minggu lagi, umat muslim bakal merayakan Iduladha 1441 H. Untuk merayakan hari raya tersebut, ACT dan Pemprov DKI pun bekerja sama dalam kolaborasi sosial berskala besar (KSBB) sebagai komitmen melayani warga Jakarta.

Kolaborasi keduanya bakal membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan saat pandemik Covid-19 melalui sentra kurban Darmajaya. Untuk diketahui, sentra kurban tersebut merupakan salah satu unit usaha di bawah Pemprov DKI Jakarta.

Presiden ACT Ibnu Khajar berharap ACT dapat memotong 1.000 hewan kurban dan mendistribusikannya kepada 100.000 warga Jakarta. Untuk mencegah penularan Covid-19, daging kurban bakal disalurkan dengan 5.000 ojek online selama empat hari. Bukan hanya daging, nantinya masyarakat yang membutuhkan juga bakal menerima air mineral dan beras.

“Semoga 1000 hewan kurban bisa kita potong dan distribusikan kepada 100 ribu masyarakat yang membutuhkan dengan diantar oleh ojek online agar tidak ada kerumunan, aktivitas berkurban optimal, dan memberi manfaat maksimal. Masyarakat tersebut tetap di rumah menerima beras, air minum, dan daging 1 kg,” tutur Ibnu Khajar.

1. Bukan hanya di Jakarta, ACT bakal menyalurkan daging kurban ke seluruh Indonesia dan dunia

Rayakan Iduladha, ACT Akan Salurkan Daging Kurban bagi 100 Ribu Warga JakartaIDN Times/Ezri TS

Penyaluran daging kurban oleh ACT tidak hanya untuk warga Jakarta. Melalui 43 kantor cabangnya, lembaga kemanusiaan ini akan menyalurkannya ke desa-desa yang membutuhkan. Daging kurban yang disalurkan itu pun berasal dari hewan/ternak warga di kampung atau desa setempat.

“Sebanyak 43 kantor cadang ACT akan diminta mendistribusikan hewan kurban ke 100 kampung atau desa. Mereka juga akan mencari hewan kurban di sana, dipotong di sana, dan dibagikan di sana, supaya masyarakat terdampak Covid-19 mendapat manfaat, bukan hanya dari kurban tapi manfaat ekonomi karena uangnya berputar di kampung itu,” tutur Ibnu.

2.Wagub DKI Jakarta mengapresiasi kerja sama ACT dan PD Darmajaya

Rayakan Iduladha, ACT Akan Salurkan Daging Kurban bagi 100 Ribu Warga JakartaIDN Times/ACT

Atas kerja sama ACT dan PD Darmajaya, Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria mengapresiasi dan menyambut baik sentra kurban tersebut. Riza pun berharap masyarakat memahami dan mendapat informasi yang baik akan pentingnya penanganan hewan kurban yang baik.

“Menjelang Iduladha, hewan kurban yang dipasarkan di Jakarta harus terjamin dari penyakit hewan yang berbahaya, seperti Antrax, cacing hati, dan virus lainnya. Terlebih Iduladha masih dalam kondisi pandemik. Pemprov DKI Jakarta pun mengimbau pemotongan hewan dilakukan di rumah. Dengan cara ini, kita berkontribusi pada penanganan pencegahan virus corona,” tutur Riza.

3. Kerja sama ACT dengan Pemprov DKI merupakan salah satu inisiatif kolaborasi dari Gubernur DKI

Rayakan Iduladha, ACT Akan Salurkan Daging Kurban bagi 100 Ribu Warga JakartaIDN Times/Ezri TS

Direktur Utama PD Darmajaya Raditya Hendra Budiman mengatakan kerja sama ACT dan Pemprov DKI merupakan salah satu kolaborasi sosial berskala besar yang saat ini sedang Bapak Gubernur dengungkan. 

“Kami berharap kerja sama ini dapat terus kita lakukan dalam berbagai bentuk dan kesempatan demi masyarakat Indonesia, khususnya DKI Jakarta. Kami sangat senang dan bersyukur atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan ACT dan Pemprov DKI Jakarta ” tutur Darmajaya.

4. ACT menyembelih dan mendistribusikan kurban sesuai protokol kesehatan Covid-19

Rayakan Iduladha, ACT Akan Salurkan Daging Kurban bagi 100 Ribu Warga JakartaIDN Times/ACT

Standardisasi penyembelihan dan pendistribusian hewan kurban yang sesuai protokol Covid-19 oleh ACT diharapkan mampu memberikan daging kurban yang bergizi dan higienis kepada masyarakat prasejahtera di seluruh Indonesia dan dunia. Pada Iduladha tahun ini pun, Global Qurban–ACT menargetkan dapat kembali menjangkau masyarakat yang membutuhkan di 34 provinsi di Indonesia dan 32 negara miskin serta terdampak krisis kemanusiaan.

“Dengan luasnya jangkauan distribusi kurban tahun ini, kami berharap makin banyak umat yang merasakan berkah dan nikmat kurban di kala pandemik. Pangan menjadi kebutuhan utama umat saat ini, pada saat ekonomi nasional dan global terus mengalami resesi. Inilah saatnya bagi kita, umat muslim dan mukminin, untuk menunjukkan ketaatan kita kepada Rabbul ‘Alamin sekaligus membagikan kebahagiaan kurban bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan. Semoga ini menjadi bentuk optimisme yang menguatkan kita bersama selama pandemi ini,” tutur Ibnu.

Topic:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya