Buka PORKIND-MM2100, Menaker Serukan Hubungan Industrial yang Harmonis

Pekan olahraga ini diikuti ribuan pekerja

Jakarta, IDN Times -- Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah membuka Pekan Olahraga Kawasan Industri MM2100 (PORKIND-MM2100) Tahun 2023 di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (12/7/2023). 

Sebanyak 3.525 pekerja/buruh, 496 tim dari 100 perusahaan di kawasan industri Cikarang akan berlaga dalam cabang olahraga badminton, futsal, bola basket, bola voli, tenis meja, marathon, senam kreasi dan fun bike, serta e-sport.

Saat sambutan 'Kick Off' PORKIND-MM2100, Ida Fauziyah mengatakan, olahraga merupakan salah satu cara membangun hubungan industrial yang harmonis.

1. Pekan Olahraga mempertandingkan cabang olahraga badminton, futsal, basket, voli, tenis meja, marathon, senam kreasi dan fun bike, serta e-sport

Buka PORKIND-MM2100, Menaker Serukan Hubungan Industrial yang HarmonisPara peserta Pekan Olahraga Kawasan Industri MM2100 berfoto bersama Menaker Ida Fauziyah. (Dok. Kemnaker)

Kegiatan olahraga juga merupakan bagian penting untuk meningkatkan produktivitas. 

"Melalui kegiatan olahraga seperti ini, hubungan industrial yang harmonis dapat terwujud. Karena hubungan industrial yang harmonis membutuhkan harmonisnya antarpekerja, " ujamya.

Kepada pekerja yang bertanding di 10 cabor, Menaker Ida berpesan agar menjunjung tinggi sportivitas. "Sportivitas juga sangat dibutuhkan dalam membangun industrial yang sehat dan ini bisa dapat dimulai dari kegiatan olahraga," katanya.

Baca Juga: Kemnaker Terus Tingkatkan Kompetensi Petani dan Pengelola Hutan

2. Menaker mengapresiasi seluruh pekerja yang bertanding

Buka PORKIND-MM2100, Menaker Serukan Hubungan Industrial yang HarmonisMenteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah membuka Pekan Olahraga Kawasan Industri MM2100 (PORKIND-MM2100) Tahun 2023 di Cikarang, kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (12/7/2023). (Dok. Kemnaker)

Ida Fauziyah mengapresiasi seluruh pekerja yang bertanding dalam PORKIND-MM2100,  telah dibuktikan kepesertaannya menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan. "Jangan sampai ada yang belum menjadi anggota. Tetapi, saya yakin semua pekerja di kawasan ini telah menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan," ujarnya.

Ida Fauziyah berharap ke depan pekan olahraga digelar tak hanya sebatas kawasan industri MM2100, tetapi ditingkatkan menjadi kompetisi antarpekerja di kawasan industri se-Kabupaten Bekasi. 

"Saya percaya pimpinan perusahaan di kawasan MM2100 ini memberikan kesempatan kepada para pekerja untuk mengembangkan diri, di samping untuk kepentingan prestasi, untuk kepentingan kesehatan masing-masing pekerja," katanya.

3. Diharapkan kegiatan ini dapat melahirkan atlet-atlet berprestasi

Buka PORKIND-MM2100, Menaker Serukan Hubungan Industrial yang HarmonisIlustrasi Pekan Olahraga (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Vidi Kristiantono, ketua Forum Komunikasi Koordinasi SDM, berharap kegiatan PORKIND-MM2100, selain menjaga kebersamaan, semangat sportivitas antarpekerja di kawasan industri, juga dapat melahirkan atlet-atlet Kabupaten Bekasi, bahkan atlet nasional dari kawasan MM2100.

PORKIND-MM2100 yang digelar setiap dua tahun sekali dan terhenti karena pandemik COVID-19 selama 5 tahun ini, akan digelar hingga 13 Agustus dan ditutup bersamaan dengan perayaan hari proklamasi 17 Agustus 2023 nanti. (WEB)

Baca Juga: Hadapi Tantangan Ketenagakerjaan, Kemnaker Persolid Dua Lembaga Ini

Topik:

  • Ahmad Faisal

Berita Terkini Lainnya