Ribuan Kader PDIP Kalbar-Babel-Sumut Siap Gebyarkan Puncak BBK 2023

Mereka datang dengan semangat Dedication of Life

Jakarta, IDN Times -- Sebanyak tiga kapal yang mengangkut ribuan kader PDI Perjuangan (PDIP) dari Kalimantan Barat, Bangka Belitung, dan Sulawesi Utara telah bersandar di Dermaga Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (23/6/2024) sore. Meski berada di atas laut selama tiga hingga lima hari, para kader PDIP tampak menunjukkan wajah bahagia dan penuh semangat.

Kehadiran 5.000 lebih kader PDIP ini dalam rangka menyemarakkan peringatan puncak Bulan Bung Karno (BBK) 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (24/6/2024).

Kehadiran ribuan kader itu pun disambut langsung oleh Ketua DPD Kalimantan Barat (Kalbar) PDIP Lasarus. Ketua Komisi V DPR RI ini melihat para wajah para kader penuh dengan semangat dan sukacita.

“Mereka kader partai sudah sering melakukan kegiatan, jadi happy-happy saja saya lihat, bahkan kami bernyanyi-nyanyi di kapal. Itu tandanya mereka senang, tentu tambah senang ketika melihat saya datang,” kata Lasarus.

1. Kedatangan kader PDI Perjuangan menjalani perjalanan jauh untuk memeriahkan 'Bulan Bung Karno 2023'

Ribuan Kader PDIP Kalbar-Babel-Sumut Siap Gebyarkan Puncak BBK 2023Hampir 60 persen kader Partai yang ikut dalam kapal ini baru pertama kali naik kapal dan menginjakkan kaki di Jakarta. (Dok. PDIP)

Lasarus menambahkan, bagi kader PDI Perjuangan, kerja-kerja kepartaian dan kerakyatan adalah dedication of life sehingga harus dikerjakan dengan penuh semangat.

Saat melakukan inspeksi, Lasarus ditemani oleh Kepala Syahbandar Tanjung Priok Andi Hartono dan Nuraini Dessy dari Pelni Jakarta.

Lasarus menerangkan, dirinya sempat melakukan inspeksi di KM Lawit meninjau kondisi para kader PDIP dari Kalbar. Dia melihat kondisi sebanyak 1.200 kader Partai dari lantai satu hingga empat.

Baca Juga: Guruh, Puan, & Hasto Pantau Langsung Kesiapan Puncak Bulan Bung Karno

2. PDIP kedatangan kader lebih dari 5.000 orang dari Kalbar, Bangka Belitung, dan Sulawesi Utara

Ribuan Kader PDIP Kalbar-Babel-Sumut Siap Gebyarkan Puncak BBK 2023Kehadiran 5 ribu lebih kader PDIP ini dalam rangka menyemarakkan peringatan puncak Bulan Bung Karno (BBK) 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (24/6/2024). (Dok. PDIP)

Lasarus menyampaikan, hampir 60 persen kader partai yang ikut dalam kapal ini baru pertama kali naik kapal dan menginjakkan kaki di Jakarta. Karena itu, menurut Lasarus, wajar apabila beberapa orang merasakan mabuk laut.

“Ada beberapa yang mabuk itu biasa, tetapi semua dalam keadaan baik ada tim medis dan tertangani dengan baik,” ujar Lasarus.

Lasarus juga memerinci, dari Kalbar terdapat 1.200 kader PDIP, lalu dari Bangka Belitung 1.500 kader Partai menggunakan Kapal Bukit Raya, sedangkan dari Sulawesi Utara lebih dari 3 ribu kader Partai menaiki KM Doloronda. “Dari tiga provinsi itu kapal sudah sandar di Tanjung Priok,” kata Lasarus.

3. Selama di kapal, para kader PDIP juga diberikan pelatihan mengenai saksi, pemenangan, hingga aturan main pelaksanaan BBK

Ribuan Kader PDIP Kalbar-Babel-Sumut Siap Gebyarkan Puncak BBK 2023Kehadiran ribuan kader itu pun disambut langsung oleh Ketua DPD Kalimantan Barat (Kalbar) PDIP Lasarus. (Dok. PDIP)

Lasarus menerangkan, selama di atas kapal, para kader PDIP juga diberikan pelatihan mengenai saksi, pemenangan, hingga aturan main pelaksanaan BBK. Selain itu, Lasarus menjelaskan, ribuan kader PDIP itu akan menginap di kapal, dari pelaksanaan puncak perayaan BBK hingga pulang ke daerah masing-masing. Pada besok pagi, para kader akan dimobilisasi sejak Subuh.

Enggak boleh bus masuk sekaligus untuk menjemput 1.200 dari Kalbar, 1.500 dari Bangka belitung, dan hampir 3 ribu dari Manado. Jadi, busnya giliran, maka jam 5 Subuh sudah start busnya mengeluarkan mereka,” ujar Lasarus.

Seusai puncak perayaan BBK, rencananya para kader akan diarahkan kembali ke kapal masing-masing dan menginap satu malam. “Sehabis itu, sekitar tanggal 25, semuanya akan berangkat pulang ke daerahnya masing-masing,” kata Lasarus. (WEB)

*artikel ini merupakan kerja sama PDIP dan IDN Times.

Baca Juga: Bimbo Ciptakan Lagu Berjudul "Bung Karno', Dinyanyikan Besok di GBK

Topik:

  • Ahmad Faisal
  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya