BPIP dan LAN Teken MoU Perkuat PIP Melalui Diklat Pejabat Publik 

Pembinaan Ideologi Pancasila jadi penting di era dinamika 

Jakarta, IDN Times - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) melaksanakan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dan perjanjian kerja sama di Jakarta, Selasa, (25/7). Kepala BPIP Yudian Wahyudi berharap penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama ini menjadi pintu awal gotong royong dalam Pembinaan Ideologi Pancasila melalui Pendidikan dan Pelatihan terutama Program Eksekutif Nasional (PEN).

"Adapun salah satu gotong royong yang akan dilakukan dalam waktu dekat, yakni pada awal bulan September 2023 mendatang adalah pelaksanaan Pembinaan Ideologi Pancasila melalui Pelatihan Eksekutif Nasional (PEN)" ujarnya.

1. Kegiatan bermanfaat bagi para penentu kebijakan

BPIP dan LAN Teken MoU Perkuat PIP Melalui Diklat Pejabat Publik Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) melaksanakan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dan perjanjian kerja sama (Dok. BPIP)

Kegiatan pelatihan ini dinilai sangat strategis, karena peserta kegiatan menjadi penentu kebijakan yang menduduki posisi manajemen puncak di Kementerian/Lembaga. Yudian menyebut, program ini juga dimaksudkan untuk tataran pemerintah non kementerian, pemerintah daerah, BUMN, dan perguruan tinggi. Peserta akan membahas berbagai isu strategis pembangunan nasional.

Program PEN diharapkan akan menghasilkan komitmen bersama untuk melaksanakan rencana strategis terhadap berbagai isu strategis pembangunan nasional. Pelatihan ini juga merupakan program pembelajaran yang ditujukan untuk membangun konsensus, komitmen, kesamaan pandangan dan persepsi mengenai visi, misi dan strategi tentang kebijakan nasional.

"Ada tiga isu strategis yang menjadi tema kegiatan yang akan dilakukan, yakni Grand Design Pendidikan Kebangsaan Berkarakter Pancasila, Etika Politik Pancasila dalam Rangka Persiapan Pemilu 2024 dan Pengembangan Nasionalisme Ekonomi Berbasis Pancasila", ujarnya.

Ke depan, program ini berpotensi menjadi mandatory sebagai salah satu persyaratan untuk menduduki jabatan tinggi di lingkungan ASN. "Kita ingin para stakeholders pemerintahan dan kelembagaan di seluruh penjuru Tanah Air merupakan orang-orang yang betul-betul memahami sasaran dan tujuan pembangunan nasional serta berjiwa Pancasila", harap Yudian.

Baca Juga: Hadiri Hari Anak Nasional, BPIP Dukung Suara Anak Indonesia  

2. PEN bukan sekadar tanda tangan saja

BPIP dan LAN Teken MoU Perkuat PIP Melalui Diklat Pejabat Publik Ilustrasi ASN (ANTARA FOTO/Teguh Prihatna)

Pada kesempatan yang sama, Kepala LAN Adi Suryanto mengapresiasi dengan Program PEN. Ia bahkan mengatakan kegiatan dilakukan tidak hanya ditataran tanda tangan melainkan program berkelanjutan yang dilaksanakan secara terus-menerus.

"Kerja sama ini tidak sampai dengan penandatanganan tetapi persiapan pelaksnaan Program Eksekutif Nasional," ucapnya.

Sinergitas BPIP dan LAN memiliki kekuatan masing-masing dengan saling menopang untuk memberikan Pembinaan Ideologi Pancasila, khususnya kepada pejabat publik. Adi menyebut Pembinaan Ideologi Pancasila kepada pimpinan sangat penting apalagi di era dinamika seperti sekarang.

3. Masih dalam tahap awal

BPIP dan LAN Teken MoU Perkuat PIP Melalui Diklat Pejabat Publik Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) melaksanakan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dan perjanjian kerja sama (Dok. BPIP)

Adapun PEN saat ini masih dalam tahap awal, sehingga perlu ada program-program lanjutan lainnya yang memiliki jangkauan masif di level pejabat pemerintah. Adi menyebut PEN tidak hanya sekedar diskusi. Program ini juga memiliki aksi mendasar bersama yang konsisten.

"Saya yakin, dengan bergotong royong tujuan mulia yang kita kehendaki bersama akan lebih mudah tercapai secara efektif dan optimal", ujarnya.

Penandatanganan MoU sendiri dilakukan Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan BPIP dengan Deputi Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi LAN dan disaksikan Kepala BPIP dan Kepala LAN.

Pada kesempatan ini hadir Sekretaris Dewan Pengarah BPIP Mayjen TNI (Purn.) Wisnu Bawa Tanaya, Wakil Kepala BPIP Karjono Atmoharsono, Sekretaris Utama BPIP Adhianti, Dewan Pakar BPIP Darmansjah Djumala, Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Antonius Benney Susetyo, Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan BPIP Ir. Prakoso, Deputi Bidang Pengkajian dan Materi Surahno, Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi Rima Agristina, serta Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan BPIP dan LAN. (WEB).

Baca Juga: Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Tentang Program Paskibraka

Topik:

  • Evan Yulian Philaret

Berita Terkini Lainnya