Tambah Terus, Pertamina Kembali Temukan Sumber Daya Migas Baru 

Temuan ini menambah produksi gas Indonesia Timur

Bojonegoro, IDN Times - Subholding Upstream Pertamina, melalui Regional Indonesia Timur, berhasil temukan sumber daya kontijen gas dan kondensat baru. Sumber daya ini adalah hasil dari pengeboran sumur eksplorasi Kolibri (KOL)-001 di wilayah Bojonegoro, Jawa Timur.

Adapun tajak sumur KOL-001 sudah dimulai sejak 3 Juli 2022 lalu dan terdapat hidrokarbon berupa gas dan kondensat pada uji kandung lapisan (DST #1). Saat ini, Regional Indonesia Timur masih melakukan pemantauan aliran gas dan kondensat dari sumur eksplorasi tersebut.

1. Lengkapi keberhasilan di 2022

Tambah Terus, Pertamina Kembali Temukan Sumber Daya Migas Baru Ilustrasi aktivitas di PT Pertamina EP Cepu. (Dok. PT Pertamina EP Cepu)

Subholding Upstream Pertamina terus melakukan eksplorasi untuk menemukan sumber daya baru. Temuan kali ini bukanlah satu-satunya dan melengkapi rangkaian keberhasilan Perseroan sepanjang tahun 2022. 

Sebelumnya, beberapa sumber daya migas baru yang ditemukan adalah hasil pengeboran eksplorasi sumur Sungai Gelam Timur-1 (SGET-1) di Jambi, Manpatu-1X di Mahakam, Wilela-001 di Onshore Sumatera Selatan, Bajakah-001 di Onshore Jawa Barat, R-2 di Blok North Sumatera Offshore (NSO), Sungai Rotan-1X di Jambi, Markisa-001 di Papua, dan GQX-1 di offshore Utara Pulau Jawa. 

Subholding Upstream Pertamina sendiri memiliki tiga strategi dalam melakukan eksplorasi, yaitu eksplorasi masif dan agresif di wilayah kerja existing, mencari potensi eksplorasi di area baru; serta strategi partnership.

Baca Juga: Pertamina Sukses Raih Peringkat 2 Rating ESG Dunia

2. Pertamina terus cari potensi sumber daya baru

Tambah Terus, Pertamina Kembali Temukan Sumber Daya Migas Baru Kantor Pusat PT Pertamina (Persero) (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Direktur Eksplorasi Pertamina Hulu Energi (PHE), Muharram Jaya Panguriseng, mengungkapkan rasa syukurnya atas temuan eksplorasi Kolibri. "Kami berterima kasih atas dukungan dari semua stakeholder dan pihak yang terlibat. Pertamina akan terus menggali potensi untuk mencari berbagai sumber daya baru agar dapat menjaga keberlangsungan hulu migas nasional," terang Muharram. 

Lebih jauh, PHE sebagai Subholding Upstream Pertamina akan terus mengembangkan pengelolaan operasi di dalam dan luar negeri. Perseroan telah terdaftar dalam United Nations Global Compat (UNGC) sebagai partisipan/member sejak Juni 2022 

PHE juga berkomitmen pada Sepuluh Prinsip Universal atau Ten Principles dari UNGC dalam strategi dan operasionalnya. Hal ini menjadi bagian penerapan aspek Environmental, Social, dan Governance (ESG). 

3. Tingkatkan produksi gas Indonesia Timur

Tambah Terus, Pertamina Kembali Temukan Sumber Daya Migas Baru Ilustrasi stok tabung gas 3kg (Dok. Pertamina)

Pada kesempatan terpisah, Direktur Regional-4 Indonesia Timur-Subholding Upstream Pertamina, Endro Hartanto, berharap agar temuan Kolibri-001 ini dapat segera berkontribusi. Dengan demikian, sumber daya ini dapat meningkatkan produksi gas Regional Indonesia Timur.

"kami akan mempercepat proses bisnis sehingga temuan Kolibri-001 ini bisa segera memasuki tahap Penentuan Status Eksplorasi (PSE) untuk mempercepat monetisasi temuan tersebut," ujar Endro.

PHE ke depan akan terus mengembangkan pengelolaan operasi di dalam dan luar negeri secara profesional. Dengan ini, Pertamina bisa menjadi perusahaan minyak dan gas bumi kelas dunia yang environmentally friendly, socially responsible dan good governance. (WEB)

Baca Juga: Begini Upaya Pertamina Capai Target Net Zero Emission di Tahun 2060 

Topik:

  • Evan Yulian Philaret

Berita Terkini Lainnya