Pemkot Batu Bakal Gelar Expo Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusantara

Jangan ketinggalan ikutan yo Rek!

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Pariwisata akan kembali menggelar “Expo Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusantara 2023”. Expo akan digelar pada Kamis-Minggu, 16-19 November 2023, dari pukul 10.00-21.00 WIB di Balai Kota Among Tani, Jalan Panglima Sudirman No. 507, Desa Pesanggrahan.

Expo Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusantara 2023 ini akan diikuti peserta dari 15 kota/kabupaten, 3 pemerintah provinsi, 4 kementerian, BUMN/BUMD/swasta, perbankan, UMKM, hingga pelaku industri pariwisata dan ekraf di Indonesia.

1. Ini main event di Expo Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusantara 2023

Pemkot Batu Bakal Gelar Expo Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NusantaraExpo Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusantara 2023. (Dok. Pemkot Batu)

Untuk main event dalam Expo Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusantara 2023 kali ini adalah;

1. Pameran Produk Unggulan Pariwisata Nusantara 

2. Pameran Industri Ekonomi Kreatif dan Desa Wisata 

3. Food Festival Nusantara 

4. Nusantara Tourism & Creative Economy Outlook 

5. Pentas Seni Budaya, Fashion Show, dan panggung hiburan 

6. Lomba Video Kreasi Reels IG 

7. Lomba Mewarnai Anak Paud 

8. Pagelaran Seni Budaya Bantengan & Rampak Barongan 

9. Senam Sehat Bersama 

10. Penghargaan Stand  Terbaik


Untuk produk-produk yang akan dipamerkan di antaranya 17 subsektor ekonomi kreatif, pariwisata dan produk unggulan daerah, produk dan layanan desa wisata nusantara, seni dan kebudayaan, layanan BUMN/BUMD pendukung ekraf.

Baca Juga: Populasi Elang Jawa Kembali Ditemukan di Kota Batu

2. Sebagai zona terpadu promosi potensi, UMKM, dan wahana membangun city branding Kota Batu

Pemkot Batu Bakal Gelar Expo Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NusantaraDestinasi wisata Batu Love Garden di Kota Batu. IDN Times/Alfi Ramadana

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq, tujuan Expo Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusantara 2023 ini adalah sebagai zona terpadu promosi potensi, UMKM, dan wahana membangun city branding Kota Batu sebagai kota wisata dan promosi produk dan serta instansi peserta pameran. Selain itu, untuk membuka jejaring peluang baru bagi visitor untuk bisa bekerja sama dalam pengembangan pariwisata dan ekraf di Kota Batu.

“Maksud digelarnya expo ini adalah untuk menarik wisatawan, mempromosikan destinasi wisata dan ekonomi kreatif, serta meningkatkan pendapatan dari sektor pariwisata di Kota Batu. Selain itu, juga untuk memperkuat desa wisata dengan basis pariwisata dan ekonomi kreatif yang diharapkan bisa mengangkat identitas lokal. Termasuk juga untuk memperkuat hubungan kerja sama antara daerah kabupaten dan kota, sektor swasta, komunitas seni, pelaku ekonomi kreatif, wirausahawan dan masyarakat serta akademisi,” ungkap Arief.

3. Harapan akan Expo Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusantara 2023

Pemkot Batu Bakal Gelar Expo Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NusantaraAlun-alun Kota Batu. (Wikimedia Commons)

Arief menambahkan, Expo Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusantara 2023
ini juga untuk mendukung dan meningkatkan perluasan produk-produk UMKM dan ekonomi kreatif nasional, serta untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja.

Arief berharap expo ini dapat meningkatkan kunjungan pariwisata, bisnis, investasi, pemasaran dan penjualan produk pariwisata dan ekraf Kota Batu. Selain itu, event ini juga dapat memberikan multiplier effect bagi majunya ekonomi daerah. Termasuk menghadirkan transaksi bisnis, sinkronisasi program pusat dan daerah, sharing informasi trend pasar pariwisata dan ekraf dalam skala nasional dan global. (WEB)

Baca Juga: 10 Pesona Batu Love Garden yang Viral, Sukses Manjakan Mata!

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya