Bangkitkan Ekonomi Digital Desa, Kominfo Gelar Siberkreasi Local Fest 

Kegiatan yang digelar sesuai dengan kebutuhan masyarakat

Bali, IDN Times - Bertempat di 10 desa di kawasan Bali, Kementerian Kominfo, Siberkreasi, STMIK Primakara, dan Relawan TIK Provinsi Bali menyelenggarakan Kegiatan Literasi Digital Nasional bertajuk “Indonesia Makin Cakap Digital” dengan 10 tema berbeda untuk masyarakat Bali. 

“Kegiatan ini dilaksanakan secara offline di Desa Pasekbali, Sumerta Kaja, Sumerta Kelod, Sumerta Kauh, Saba, Pesinggahan, Keramas, Petang, Bhuana Giri dan Sukawana,” ujar Rizki Ameliah, Koordinator Program Literasi Digital, Kominfo.

1. Daftar pelatihan yang digelar di Siberkreasi Local Fest

Bangkitkan Ekonomi Digital Desa, Kominfo Gelar Siberkreasi Local Fest Acara talk show Siberkreasi Local Fest. (Dok. Kominfo)

Rizki mengatakan tema pelatihan yang diberikan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat lokal, seperti Desa Paksebali Klungkung Go Digital; Peningkatan Penggunaan Media Komputer dalam Pengelolaan Website Desa; Pelatihan Penggunaan Microsoft Office dan Penggunaan Meeting Online di Lingkungan Kantor Desa Pesinggahan, Klungkung; Workshop Facebook Ads dan Instagram Ads bagi Kelompok Sadar Wisata Desa Kerta Gianyar.

Selain itu, Pelatihan Penggunaan Teknologi di Bidang Pertanian dan Industri di Lingkungan Desa Bhuana Giri; Meningkatkan Kualitas Pertanian dengan Pengembangan Teknologi di Wilayah Desa Sukawana Kintamani,” kata Rizki.

Baca Juga: Akselerasi Talenta Digital, Kemendikbudristek dan Kominfo Kolaborasi

2. Siberkreasi Local Fest berupaya meningkatkan digitalisasi desa

Bangkitkan Ekonomi Digital Desa, Kominfo Gelar Siberkreasi Local Fest Pembawa acara Siberkreasi Local Fest, Nadia Mulia. (Dok. Kominfo)

Rizki yang juga menjadi Wakil Ketua Umum Siberkreasi mengatakan kegiatan offline yang dihadiri sekitar 25 hingga 50 orang per desa ini ditujukan agar para peserta pelatihan dapat mewujudkan upaya meningkatkan digitalisasi desa di Bali. 

“Para peserta diharapkan dapat menjadi teladan bagi para penduduk desa dalam pemanfaatan ekonomi digital,“ seru Rizki.

Dalam upaya meningkatkan hilirisasi ekonomi digital, Kementerian Kominfo telah dan akan terus melakukan upaya pengembangan ekosistem ekonomi digital, yang dilakukan melalui berbagai upaya di antaranya: (1) pembangunan infrastruktur fisik; (2) pembangunan infrastruktur data; (3) program pendampingan pegiat ekonomi digital; (4) penyiapan talenta digital;

3. Siberkreasi Local Festival juga menghadirkan talk show

Bangkitkan Ekonomi Digital Desa, Kominfo Gelar Siberkreasi Local Fest Ketua Umum Siberkreasi, Yosi Mokalu. (Dok. Kominfo)

Kegiatan offline di desa itu merupakan bagian dari pelaksanaan Siberkreasi Local Festival (SLF) yang berlangsung selama dua hari (11-12 Juni 2021). Pada hari kedua, berlangsung juga kegiatan secara online yang menghadirkan talk show bertema ”Komunikasi Kesehatan dan Penanganan Hoaks COVID-19 di Era Digital”; “Membangun Literasi dan Wawasan Kebangsaan di Era Digital”; “Pentingnya Etika Bisnis dalam Usaha Online"; “Tren Buy Now, Pay Later“; “Content Creator and Social Media 101”.

Para narasumber yang hadir selama dua hari pelaksanaan, di antaranya Marcella Zalianty, Nadia Mulya, Yosi Mokalu, Sacha Stevenson, Gusti Ngurah Anom (Ajik Krisna Bali), Jessica Iskandar. (WEB)

Baca Juga: Inspiratif, Kominfo Beri Apresiasi bagi Penggiat Literasi Digital

Topik:

  • Ezri T Suro
  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya