Bersama Presiden, Mentan Amran Hadiri Peringatan Hari Pahlawan 2023

Mentan ajak masyarakat Indonesia menjaga semangat pahlawan

Jakarta, IDN Times - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman hadir mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden KH Maruf Amin dalam rangkaian acara  peringatan Hari Pahlawan, 10 November 2023 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Terlihat, Mentan dalam upacara di TMP Kalibata berdiri di bagian depan, bersebelahan dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati. Dalam kesempatan ini, Mentan mengajak masyarakat Indonesia untuk menjaga semangat pahlawan dengan cara bekerja keras menjaga keutuhan bangsa Indonesia.

"Cara terbaik untuk membalas jasa para pahlawan adalah meneruskan perjuangan mereka dengan menjaga persatuan dan keutuhan bangsa," ujar Mentan ketika ditemui usai melaksanakan upacara tersebut, Jumat, 10 November 2023.

1. Kebangkitan sektor pertanian Indonesia

Bersama Presiden, Mentan Amran Hadiri Peringatan Hari Pahlawan 2023Bersama Presiden, Mentan Amran Hadiri Peringatan Hari Pahlawan 2023. (Dok. Kementan)

Mentan berharap, momentum ini juga dapat dijadikan sebagai kebangkitan sektor pertanian Indonesia di masa mendatang. Diketahui, pemerintah saat ini tengah fokus pada pengelolaan 10 juta lahan rawa yang terbesar di seluruh Indonesia.

"Sekali lagi selamat Hari Pahlawan 2023 semoga kita semua dapat meneladani semangat kepahlawanan para pahlawan, juga bisa menjadikan sektor pertanian lebih cemerlang dan gemilang," katanya.

Baca Juga: Optimalisasi Para Penyuluh, Kementan Gelar Jambore Penyuluh Pertanian

2. Ajak jajaran Kementan untuk meneladani semangat para pahlawan

Bersama Presiden, Mentan Amran Hadiri Peringatan Hari Pahlawan 2023Bersama Presiden dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Mentan Amran hadiri peringatan Hari Pahlawan 2023. (Dok. Kementan)

Sebagai informasi, kegiatan ini turut dihadiri juga Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menko Polhukam Mahfud MD, MenPANRB Azwar Anas, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Koperasi Teten Masduki. Hadir pula Panglima TNI Yudo Margono dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

Terpisah, Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi menggelar peringatan Hari Pahlawan di Kantor Pusat Kementan. Dalam pesannya, Wamentan mengajak jajaran kerjanya untuk meneladani semangat para pahlawan sebagai pijakan bersama dalam meningkatkan produktivitas.

"Hari Pahlawan 10 November ini kita jadikan rujukan sebagai pemacu semangat kita untuk kembali bangkit lagi dalam meningkatkan produktivitas pertanian," katanya.

3. Pangan adalah sektor strategis

Bersama Presiden, Mentan Amran Hadiri Peringatan Hari Pahlawan 2023Sebagai informasi, kegiatan ini turut dihadiri juga Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menko Polhukam Mahfud MD, MenPANRB Azwar Anas, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Koperasi Teten Masduki. Hadir pula Panglima TNI Yudo Margono dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo. (Dok. Kementan)

Harvick mengatakan, kejayaan pertanian harus bisa dibangkitkan kembali di tahun ini. Menurutnya, pangan adalah sektor strategis yang bisa memperkokoh perekonomian nasional.

"Saya berharap pangan kita bisa berjaya lagi dengan semangat pahlawan. Mari kita wujudkan kembali kejayaan pertanian ini untuk bisa melayani seluruh masyarakat Indonesia," jelasnya. (WEB)

Baca Juga: Tingkatkan Produksi Pangan, Kementan Siapkan Pengembangan Lahan Rawa

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya