Bebas Tunggakan, 2.429 Warga Medan Terima Donasi Iuran JKN-KIS

Sebagian lainnya didaftarkan program JKN-KIS

Medan, IDN Times – Sebanyak 2.429 warga Medan menerima donasi iuran Program JKN-KIS dari PT Royal Prima.  Hal tersebut dilakukan sebagai dukungan dan partisipasi PT Royal Prima terhadap pelaksanaan Program JKN-KIS. Sebanyak 1.000 jiwa masyarakat di Kota Medan didaftarkan  ke dalam program ini dan 1.429 peserta dibayarkan tunggakan iurannya. 

Penyaluran donasi secara simbolis diserahkan oleh Direktur Rumah Sakit Royal Prima, Suhartina, kepada Direktur Perencanaan, Pengembangan dan Manajemen Risiko BPJS Kesehatan, Mahlil Ruby pada Kamis (21/10).

Suhartina menyampaikan bahwa donasi ini merupakan bentuk komitmen PT Royal Prima untuk dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat, khususnya dalam penyelenggaraan jaminan kesehatan.

“Semoga donasi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat penerimanya,” jelas Suhartina.

1. Respons BPJS Kesehatan terhadap kepedulian PT Royal Prima

Bebas Tunggakan, 2.429 Warga Medan Terima Donasi Iuran JKN-KISANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Sementara itu, Direktur Perencanaan, Pengembangan dan Manajemen Risiko BPJS Kesehatan, Mahlil Ruby, menyambut baik kepedulian dari PT Royal Prima dengan berdonasi untuk mendaftarkan masyarakat ke Program JKN-KIS dan membayarkan tunggakan iuran peserta Program JKN-KIS.

“Semoga semakin banyak pihak yang tergerak untuk berdonasi sehingga banyak masyarakat yang terbantu dan tetap memiliki jaminan kesehatan. Terlebih di masa pandemik saat ini, kebutuhan akan pelayanan kesehatan semakin tinggi. Untuk itu perlu upaya dan gotong royong bersama agar status kepesertaan bagi peserta yang terdampak pandemik tetap aktif, ” ucap Mahlil.

Baca Juga: Seminar Internasional, BPJS Kesehatan Bahas Efektivitas Layanan Kesehatan

2. Persentase masyarakat Kota Medan yang terdaftar sebagai peserta Program JKN KIS bertambah

Bebas Tunggakan, 2.429 Warga Medan Terima Donasi Iuran JKN-KISANTARA FOTO/Septianda Perdana

Mahlil menambahkan, penerima donasi dari PT Royal Prima adalah masyarakat yang berada di Kota Medan dengan status kurang mampu dan belum terdaftar sebagai peserta Program JKN-KIS, serta masyarakat yang memiliki tunggakan iuran.

Pada kesempatan yang sama, Plt Kepala Dinas Kesehatan, Mardohar Tambunan, mengapresiasi langkah dari PT Royal Prima yang sudah memberikan donasi untuk peserta Program JKN KIS. Mardohar menyampaikan bahwa dengan adanya program ini, persentase masyarakat Kota Medan yang terdaftar sebagai peserta Program JKN KIS hampir mencapai angka 80 persen. 

"Kita tahu saat ini masih masa pandemik. Memang betul yang dikatakan Bapak Direktur, kalau 12 bulan menunggak sudah luar biasa. Hampir pasti tidak terbayar lagi,  itu yang menjadi antisipasi kita," kata Mardohar.

 

3. Bagian rangkaian HUT ke-53 BPJS Kesehatan

Bebas Tunggakan, 2.429 Warga Medan Terima Donasi Iuran JKN-KISIlustrasi kantor BPJS Kesehatan. ANTARA FOTO/Makna Zaezar

Penyaluran donasi dari PT Royal Prima merupakan rangkaian kegiatan dari perayaan HUT ke-53 BPJS Kesehatan melalui Program BPJS Peduli.

Diharapkan seluruh stakeholder dapat berperan aktif serta berkontribusi lebih dalam untuk mensukseskan Program JKN-KIS.

Baca Juga: BPJS Kesehatan Dongkrak Kolektabilitas Iuran Pekerja Informal 

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya