Hari Santri, Mahfud MD Minta Santri Bawa Semangat Membangun Bangsa

Pesan KH Hasyim Asyari harus dijaga

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) sekaligus Bakal Calon Wakil Presiden, Mahfud MD, meminta seluruh santri di Tanah Air terus membawa semangat membangun bangsa sebagaimana pesan Kiai Haji Hasyim Asyari.

Hal itu disampaikan Mahfud dalam rangka Hari Santri yang pada tahun 2023 ini bertema 'JIhad Santri Jayakan Negeri'.

"Itu satu pesan yang tidak akan pernah hilang sejak diucapkan KH Hasyim Asyari sejak tanggal 22 Oktober 1945," kata Mahfud di rumah dinasnya, Jalan Denpasar, Jakarta Selatan, sebelum mengikuti tes kesehatan, Minggu (22/10/2023).

Baca Juga: 22 Oktober Hari Santri, Diharapkan Jadi Libur Nasional 

1. Perintah kepada santri untuk berjihad

Hari Santri, Mahfud MD Minta Santri Bawa Semangat Membangun BangsaIlustrasi santri di pondok pesantren. ANTARA FOTO/Fauzan

Menurut Mahfud, hal tersebut berarti pula sebagai perintah kepada seluruh santri dan umat Islam di Indonesia.

"Untuk berjihad, membangun, dan menjayakan kesatuan Republik Indonesia. Oleh karena itu, mari kita bersyukur," kata dia.

Baca Juga: Pesan Menag di Hari Santri 2023, Pilih Pemimpin yang Tepat

2. Santri terus membawa semangat menjaga NKRI

Hari Santri, Mahfud MD Minta Santri Bawa Semangat Membangun BangsaIlustrasi santri di pondok pesantren. (ANTARA FOTO/Fauzan)

Mahfud juga berharap agar para santri terus membawa semangat tersebut untuk menjaga NKRI.

"Sebagai negara yang menuju baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur, yang kalau dalam bahasa politik kita itu dimaknai Indonesia Emas Tahun 2045," ujar dia.

Baca Juga: Potret Erick Thohir Digandeng Prabowo di Hari Santri

3. Jokowi pimpin apel peringatan Hari Santri di Surabaya

Hari Santri, Mahfud MD Minta Santri Bawa Semangat Membangun BangsaPresiden Joko Widodo memimpin apel akbar puncak peringatan Hari Santri Nasional 2023 di Tugu Pahlawan, Surabaya, Minggu (22/10/2023). (IDN Times/Khusnul Hasana).

Diketahui, puncak hari santri digelar di Kota Surabaya mengingat Kota Surabaya sebagai tempat bersejarah resolusi jihad melawan penjajah.

Presiden Joko "Jokowi" Widodo hadir dalam peringatan puncak Hari Santri 2023 tersebut dan memimpin apel yang digelar di Tugu Pahlawan Surabaya.

Terlihat sejumlah pejabat mulai dari menteri hingga ketua DPR RI datang dalam acara yang digelar

Pantauan IDN Times di lapangan, ribuan santri dari berbagai daerah di Jawa Timur nampak memadati lapangan Tugu Pahlawan. Mereka sudah berdatangan sejak sebelum pukul 05.00 pagi.

Terlihat, Presiden Jokowi datang pukul 06.15 WIB. Kemudian diikuti oleh para menterinya.

Baca Juga: Jokowi Pimpin Apel Hari Santri di Surabaya

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya