Golkar Gelar Rapimnas Hari Ini, Bakal Umumkan Capres-Cawapres 2024

Apakah Gibran resmi jadi bakal cawapres dari Golkar?

Jakarta, IDN Times - Memasuki waktu pendaftaran capres dan cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Partai Golkar menggelar rapat pimpinan nasional (rapimnas) pada Sabtu (21/10/2023). Rapat tersebut bakal diikuti oleh pejabat di DPP dan seluruh Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di tingkat I. 

Ketua Umum, Airlangga Hartarto, mengatakan, salah satu agenda penting rapimnas yang digelar yaitu mengumumkan capres dan cawapres yang diusung oleh Golkar.

"Rapimnas akan membahas capres dan cawapres yang akan didukung oleh Partai Golkar. Untuk capres yang mengerucut (didukung) satu nama," ungkap Airlangga di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Jumat (20/10/2023). 

Airlangga mengatakan, capres yang didukung oleh Golkar adalah Prabowo Subianto. Sementara soal bakal cawapres, pria yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu masih enggan membukanya ke publik. 

"Kita lihat rapimnas pada hari Sabtu," tutur dia. 

Meski begitu, Airlangga sempat menyinggung pemimpin muda yang berusia di bawah 40 tahun dan sudah memiliki prestasi. Namun ia tak menyebut nama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka yang berusia 36 tahun. 

"Kami menghargai (pemimpin) under 40 yang berprestasi. Di Partai Golkar, itu banyak bupati (pemimpin muda berusia di bawah 40 tahun). Ada di sejumlah daerah. Jadi, Partai Golkar mendukung (pemimpin muda) berusia di bawah 40 tahun dan lebih dari 40 tahun," katanya lagi. 

Di saat bersamaan, Gibran diketahui terbang ke Jakarta sejak Jumat malam menuju ke Jakarta jelang digelarnya rapimnas Golkar.

Apakah ini menandakan Gibran adalah sosok bakal cawapres yang diusung oleh partai berlambang beringin hijau tersebut?

Baca Juga: Pilpres 2024: Anies-Muhaimin Cek Kesehatan Hari Ini

1. Airlangga sempat singgung ada politik dinasti di Golkar

Golkar Gelar Rapimnas Hari Ini, Bakal Umumkan Capres-Cawapres 2024Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto ketika syukuran HUT ke-59 Golkar pada Jumat, 20 Oktober 2023. (www.instagram.com/@golkar.indonesia)

Sementara, Airlangga pada Jumat kemarin melakukan syukuran sederhana di DPP Partai Golkar, Jakarta Barat. Acara syukuran itu turut dihadiri bakal capres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto. 

Di hadapan Prabowo, Airlangga justru blak-blakan mengaku ada beberapa politik dinasti di dalam Golkar. Namun yang penting baginya, politik dinasti tidak bersikap feodal. 

"Tadi komentarnya Pak Prabowo ini yang masih ingusan. Jadi, ada Mas Dito (Bupati Kediri) 33 tahun, Bupati Kendal ada Mas Halindra (berusia) 31 tahun, ya, Mas ini Bupati Tuban, ini anaknya bupati dua kali Ibu Haeny Relawati," ujarnya. 

Kemudian, ada Bupati Bintan, Roby Kurniawan Putra yang masih berusia 30 tahun. Robi diketahui merupakan putra Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad. 

Ia juga menyebut Puteri Komaruddin yang merupakan putra dari mantan Ketua DPR, Ade Komaruddin. 

"Mbak Roro itu adanya Tatya Yuda dan umurnya juga masih 30 tahun. Mas Jerry Sambuaga ini juga contoh pemimpin yang under 40. Ini second generation, Pak, dari dinasti-dinasti," tutur dia lagi. 

Jerry yang merupakan Ketua Umum Angkatan Muda Pembaruan Indonesia (AMPI) juga putra dari Theo L Sambuaga pernah menjabat sebagai Menteri Perumahan Rakyat dan Permukiman Indonesia. Bahkan, Airlangga sendiri merupakan putra mantan Menteri Perindustrian era Soeharto, Ir. Hartarto. 

Lantaran hal itu, kata dia, Golkar tidak bisa menampik ada banyak dinasti di dalam parpol tersebut. Namun, menurutnya dinasti yang berada di Golkar adalah mereka yang berprestasi dan diinginkan oleh masyarakat untuk menjadi calon pemimpin. 

"Jadi, di Golkar banyak dinasti, Pak, yang kita tentang feodalisme. Jadi, ini semua dinasti berprestasi dan dipilih oleh rakyat," kata Airlangga. 

Baca Juga: Gibran Diisukan Akan Gabung Golkar, Airlangga: Lihat Saja Nanti

2. Airlangga akui sudah ada komunikasi dengan Gibran soal kepindahan parpol

Golkar Gelar Rapimnas Hari Ini, Bakal Umumkan Capres-Cawapres 2024Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (IDN Times/Fauzan dan Athif Aiman)

Lebih lanjut, terkait isu Gibran bakal pindah ke Partai Golkar, Airlangga tak menampik sudah ada komunikasi. Namun ia meminta publik bersabar menanti langkah selanjutnya. 

"Komunikasi (soal kepindahan Gibran) sudah ada. Mengenai kegiatan apa lanjutannya ditunggu saja," ujar Airlangga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat kemarin. 

Airlangga pun tak menjawab dengan lugas rencana kepindahan Gibran ke Golkar melalui organisasi sayap bernama Angkatan Muda Pembaruan Indonesia (AMPI).

"Kita lihat saja nanti," tutur dia.

Adapun tentang penentuan bakal cawapres Prabowo Subianto, Airlangga menyebut, akan ditentukan dalam waktu satu hingga dua hari ke depan. 

Baca Juga: Ini Makanan Terakhir yang Disantap Anies Sebelum Tes Kesehatan

3. Gibran terbang ke Jakarta jelang rapimnas Golkar pada Jumat malam

Golkar Gelar Rapimnas Hari Ini, Bakal Umumkan Capres-Cawapres 2024instagram.com/Gibran_rakabuming

Sementara, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka membantah bahwa ia akan pindah ke Golkar. Namun, pada Jumat malam ia diketahui berangkat ke Jakarta dari Semarang.

Sikap Gibran itu semakin menguatkan dugaan publik bahwa ia bakal diumumkan sebagai bakal cawapres yang diusung oleh Partai Golkar. Namun, ia lebih dulu bakal diumumkan bergabung ke AMPI melalui rapimnas hari ini.

Airlangga pun memastikan KIM bakal mendaftar ke KPU usai digelar rapimnas Golkar. Di sisi lain, saat santer terdengar Gibran bakal hengkang ke Golkar, PDI Perjuangan justru mengeluarkan surat berisi instruksi penunjukan Gibran dan sang adik ipar, Bobby Nasution menjadi juru kampanye Ganjar-Mahfud MD. 

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto mengaku PDIP tidak memiliki agenda apapun dengan Gibran pada akhir pekan ini. "(Pertemuan dengan Gibran) tidak ada," kata Hasto ketika dikonfirmasi pada Jumat malam kemarin. 

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/LdV3Tsmuj7U

Baca Juga: Jelang Penentuan Cawapres Prabowo, Gibran Terbang ke Jakarta

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya