Kemendagri Kerja Sama dengan Jepang, Perkaya Kompetensi Pemda

Kerja sama ini punya jangka waktu 5 tahun

Jakarta, IDN Times - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bekerja sama dengan The Japan Council of Local Authorities for International Relations (JCLAIR) melalui penandatanganan Memorandum Saling Pengertian (MSP), Senin (4/12/2023).

Kegiatan penandatanganan tersebut dihadiri oleh Pelaksana Harian (Plh) Kepala Pusat Fasilitasi Kerja Sama, Ahmad Fajri dan Executive Director JCLAIR, Sakurai.

Selain itu, turut hadir pula beberapa Kepala Pusat di lingkungan BPSDM Kemendagri dan perwakilan dari masing-masing bagian di BPSDM Kemendagri.

Baca Juga: Kemendagri Ingatkan tentang Netralitas Aparat Daerah pada Pemilu

1. Isi kerja sama dengan Jepang

Kemendagri Kerja Sama dengan Jepang, Perkaya Kompetensi PemdaIsi dari MSP antara Kemendagri dengan JCLAIR (Kemendagri)

JCLAIR sendiri merupakan asosiasi pemerintah daerah (pemda) di Jepang yang berperan mempromosikan dan memberikan dukungan bagi internasionalisasi lokal di Jepang.

Kolaborasi tersebut menjadi langkah penting dalam meningkatkan kapasitas aparatur dalam bidang pemerintahan daerah antara Indonesia dan Jepang.

Adapun MSP tersebut mencakup berbagai macam aspek kerja sama seperti pelatihan dan pertukaran tenaga ahli antara aparatur pemda di Jepang dengan Indonesia.

Baca Juga: Usai Jadi Cawapres Ganjar, Mahfud MD Sebut Airlangga Makin Menjauh 

2. Berlaku 5 tahun

Kemendagri Kerja Sama dengan Jepang, Perkaya Kompetensi PemdaBerlaku selama 5 tahun (Kemendagri)

Lalu, ada juga penyelenggaraan pengembangan kompetensi bagi aparatur pemerintahan Indonesia di Jepang dan Indonesia serta bentuk kerja sama lainnya yang dinilai relevan.

Kolaborasi ini akan berlaku selama 5 tahun, yakni hingga 2028 mendatang. Kemudian dapat diperpanjang kembali sesuai keputusan kedua belah pihak.

Baca Juga: Main Bola Bareng Warga NTT, Jokowi Jadi Penjaga Gawang

3. Memperkuat hubungan

Kemendagri Kerja Sama dengan Jepang, Perkaya Kompetensi PemdaDiharapkan dapat memperkuat hubungan antara kedua negara (Kemendagri)

Kepala BPSDM Kemendagri, Sugeng Hariyono, menyampaikan, kolaborasi ini diharapkan dapat memperkuat hubungan antara Indonesia dengan Jepang pada masa mendatang.

"Kerja sama antara Kemendagri dan JCLAIR diharapkan akan memberikan manfaat besar bagi Indonesia dalam memperkuat kapasitas ASN di seluruh negeri, sambil memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Jepang," kata dia dalam siaran resminya, Senin.

Baca Juga: Megawati Sebut Penguasa Bak Orba, Bahlil: Ada yang Takut Kalah Pemilu 

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya