Usai Jadi Cawapres Ganjar, Mahfud MD Sebut Airlangga Makin Menjauh 

Mahfud bertanya langsung kepada Airlangga

Jakarta, IDN Times - Cawapres Nomor Urut 3, Mahfud MD, mengaku sempat menegur Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto karena jarang menyapanya ketika rapat kabinet di Istana Negara. Momen ini terjadi setelah dirinya resmi menjadi cawapres Ganjar Pranowo.

Mahfud mengatakan, pernah ada satu momen saat dirinya menepuk Airlangga yang terasa semakin manjaga jarak darinya jelang Pemilu 2024 ini.

Diketahui, keduanya saat ini memiliki perbedaan sikap politik. Mahfud MD berada di barisan Ganjar Pranowo dan Airlangga Hartarto berada di kubu Prabowo-Gibran.

"Ketemu Pak Airlangga saya tepuk, 'Anda ini kok sejak pemilu jauh sekali?' Kalau saya kan biasa-biasa saja," kata dia dalam program 'Real Talk With Uni Lubis,' Senin (4/12/2023).

Mahfud mengatakan, Airlangga yang juga Ketua Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran itu pun menjawabnya dengan nada bergurau.

"Takut, Pak Menko kan sudah cawapres," katanya menirukan gurauan Airlangga.

Baca Juga: Cerita Mahfud soal Situasi Rapat Kabinet Jelang Pemilu 2024: Agak Kaku

1. Rapat kabinet jadi lebih kaku, menteri-menteri jadi lebih serius

Usai Jadi Cawapres Ganjar, Mahfud MD Sebut Airlangga Makin Menjauh Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD mengungkapkan suasana rapat kabinet lebih serius memasuki pemilu 2024. (IDN Times/Amir Faiso).

Memasuki Pemilu 2024, Mahfud MD menceritakan tentang situasi kebatinan yang muncul saat rapat kabinet pemerintahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Istana Negara memasuki Pemilu 2024. 

Mahfud mengungkapkan, ada menteri yang sebelumnya sering menyapa tetapi tiba-tiba berubah menjadi lebih kaku dan lebih serius saat bertemu dalam rapat-rapat kabinet tersebut. 

"Memang yang lain itu, ada menteri yang agak kaku. Kalau dulu ketemu bergurau, sekarang rapat jam 1, datang jam 1, lalu masuk dan serius semua. Tidak ada kemarahan, tapi lebih serius karena politiknya sudah beda-beda. Tapi tidak ada kemarahan, kalau saya biasa saja," kata Mahfud MD

Baca Juga: Tak Mau Jadi Ban Serep, Mahfud MD Ingin Tugas Wapres Lebih Luas 

2. Mahfud sebut hubungannya dengan Jokowi masih baik-baik saja

Usai Jadi Cawapres Ganjar, Mahfud MD Sebut Airlangga Makin Menjauh Menkopolhukam Mahfud MD. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Mahfud MD juga menegaskan hubungannya dengan Presiden Jokowi saat ini masih baik, meskipun saat ini menjadi cawapres Ganjar Pranowo. 

Ia pun mengaku langsung menghadap Jokowi di Istana setelah ditunjuk Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri sebagai cawapres Ganjar Pranowo. 

Bahkan, kata dia, Jokowi menyarankan dirinya untuk cuti seminggu sekali seperti menteri lain yang maju pada Pemilu 2024 untuk berkampanye ke daerah-daerah. Dengan begitu, maka dia tidak perlu mengundurkan diri sebagai Menko Polhukam.

"Bahkan Pak Jokowi bilang, nanti Pak Mahfud cuti saja seminggu sekali seperti yang lain, gak usah mengundurkan diri," kata dia.

"Artinya, baik. Sampai sekarang kan baik kalau ketemu di pertemuan resmi, di kabinet, di BI, di Bawaslu," ujar dia.

Baca Juga: Jokowi Perintahkan Mahfud Bantu Tangani Pengungsi Rohingya di RI

3. Mahfud MD resmi ditunjuk jadi cawapres Ganjar

Usai Jadi Cawapres Ganjar, Mahfud MD Sebut Airlangga Makin Menjauh Calon presiden dari PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo (kanan) dan calon wakil presiden Mahfud MD (kanan) melambaikan tangan saat pengumuman bakal calon wakil presiden pada Pilpres 2024 di kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (18/10/2023). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Diketahui, Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, resmi menetapkan Menko Polhukam, Mahfud MD untuk mendampingi Ganjar Pranowo pada Pemilu 2024.

"Nah hari ini Rabu (18/10/23) saya dengan mantap kini telah mengambil keputusan, semuanya saya tujukan kepada bangsa dan negara dengan mengucap Bismillah maka cawapres yanng dipilih PDIP yang akan mendampingi Ganjar Pranowo adalah Bapak Profesor Mahfud MD," ujar Megawati.

Dalam pengumuman itu, hadir sejumlah ketua umum partai pengusung Ganjar, antara lain Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo, Ketua Umum Partai Hanura Oseman Sapta Odang (OSO), dan Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono. Hadir juga politikus PPP, Sandiaga Uno dan politikus Perindo Tuan Guru Bajang (TGB).

 

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Libur dan Cuti Bersama 2024 Jadi 29 Hari Karena Pemilu

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya