Comscore Tracker

Gak Perlu Minder, Baca Doa Ini untuk Menghilangkan Jerawat

Selain jerawat, bisa juga untuk menghilangkan bisul

Jakarta, IDN Times – Tinggal di negara tropis seperti Indonesia dengan cuaca yang seringkali didominasi udara panas, tentu membuat kulit mudah terpapar bakteri. Ditambah lagi debu dan polusi yang sulit dihindari dan berakibat pada munculnya jerawat di wajah.

Bagi sebagian orang, jerawat dianggap sebagai sesuatu yang mengganggu dan harus segera dihilangkan. Ternyata, dalam Islam ada doa yang diajarkan Rasulullah untuk menghilangkan jerawat, bisul, dan beberapa masalah kulit serupa.

Jadi, kalau kamu sedang berjuang mengatasi jerawat, tidak perlu minder dan saatnya mengamalkan doa untuk menghilangkan jerawat. Berikut doanya:

Baca Juga: Doa Saat Bertemu Ular dan Cara Mengusirnya Agar Terhindar dari Bahaya

1. Bacaan doa untuk menghilangkan jerawat

Gak Perlu Minder, Baca Doa Ini untuk Menghilangkan JerawatIDN Times/Rizka Yulita

Dilansir dari laman nu.or.id, Imam Nawawi dalam kitab Al-Adzkar menceritakan sebuah kisah yang terjadi pada Rasulullah SAW.

Dikisahkan bahwa suatu hari Rasulullah SAW menemui salah seorang istrinya yang sedang memiliki bisul di ujung jarinya. Kemudian Rasul mengobati bisul tersebut seraya mengajarkan bacaan doa pada istrinya.

Berikut ini lafal doa tersebut:

اللَّهُمَّ مُصَغِّرَ الْكَبِيرِ ، وَمُكَبِّرَ الصَّغِيرِ صَغِّرْ مَا بِي

Allâhumma mushagghiral kabîr wa mukabbiras shaghîr, shagghir mâ bî.

Artinya: Wahai Tuhan yang (kuasa) mengecilkan sesuatu yang besar, dan (sanggup) membesarkan yang kecil, kecilkanlah penyakit yang ada padaku.

Imam Nawawi dan beberapa ulama lain sepakat bahwa redaksi doa tersebut dapat dibacakan pula sebagai permohonan agar Allah SWT menghilangkan jerawat.

2. Mengobati sambil mengamalkan doa yang diajarkan Rasulullah

Gak Perlu Minder, Baca Doa Ini untuk Menghilangkan Jerawat

Terdapat sebuah hadis yang meriwayatkan tindakan Rasulullah saat melihat salah seorang istrinya terkena penyakit kulit serupa bisul atau jerawat, yakni sebagai berikut:

دخل علي رسول الله صلى الله عليه وسلم وقد خرج فى اصبعى بثرة فقال عندك ذريرة فوضعها عليها وقال قولى "اَلَّلهُمَّ مُصَغِّرَ الْكبَيِرْ وَمُكَبِّرَ الصَّغِيْرِ صَغِّرْ مَا بِى" فطفئت

“Suatu ketika datang Rasulullah SAW kepadaku, sementara di jariku terdapat semacam bisul, kemudian Rasulullah berkata, “apakah kamu punya (dzarirah) semacam balsem?”

Kemudian dioleskanlah balsem itu di atas bisul sambil berkata: “kamu bacalah allahumma mushaggiral kabir wa mukabbiras shaghir shagghir ma bi

Artinya: Ya Allah yang mengecilkan sesuatu yang besar dan yang membesarkan segala yang kecil, perkecillah sesuatu yang ada padaku ini.

Kemudian sembuhlah bisul itu.

3. Tips menjaga kecantikan dalam pandangan Islam

Gak Perlu Minder, Baca Doa Ini untuk Menghilangkan JerawatIDN Times/Anjani Eka Lestari

Dikutip dari laman uii.ac.id, dalam sebuah kajian muslimah yang diadakan oleh Center for Medical Islamic Activities Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (FK UII), seorang dokter spesialis yakni dr. Dina Esti Utami, Sp.KK. menjelaskan kiat-kiat menjaga kecantikan agar tetap sehat sesuai anjuran kesehatan dan Islam.

Disebutkan bahwa dalam pandangan Islam, kriteria cantik adalah wanita yang tidak bergaul bebas dengan lawan jenis, mampu menjaga pandangan, cerdas, bersahaja, bercakap tidak dengan nada menggoda, bersih dan segar, serta tidak mengubah ciptaan Allah.

Kemudian, untuk menjaga kesehatan kulit serta kecantikan yang sesuai dengan anjuran kesehatan, sebaiknya dimulai dengan memahami kondisi kulit yang dimiliki, rutin membersihkan kulit wajah dan memakai sunscreen sebelum berkegiatan sehari-hari.

Cara-cara tersebut diyakini dapat mengurangi kemungkinan munculnya jerawat. Selain itu, bila masalah jerawat dirasa sudah cukup parah, dianjurkan untuk konsultasi ke ahlinya agar diberi penanganan yang tepat.

Baca Juga: Doa saat Angin Kencang Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

Topic:

  • Sunariyah
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya