Doa untuk Kedua Orang Tua yang Sudah Meninggal

Doa bagi orang tua merupakan amalan tak terputus

Jakarta, IDN Times – Hubungan antara anak dan orang tua adalah ikatan yang tak akan putus serta tak lekang oleh waktu. Bahkan meski orang tua telah meninggal, seorang anak tetap wajib berbakti dengan cara mendoakan orang tua yang sudah meninggal.

Amalan doa dari seorang anak yang berbakti niscaya akan menyelamatkan orang tua di alam kubur. Oleh karena itu, wajib hukumnya anak mendoakan orang tua yang sudah meninggal.

Mendoakan orang tua yang sudah meninggal dapat dilakukan saat ziarah ke kuburnya maupun setiap selesai melaksanakan salat. Berikut kumpulan doa untuk kedua orang tua yang sudah meninggal

Baca Juga: Kumpulan Doa untuk Menghadapi Kematian dan Sakaratul Maut

1. Lafal doa pendek untuk mendoakan kedua orang tua

Doa untuk Kedua Orang Tua yang Sudah MeninggalIDN Times/Istimewa

Dikutip dari nu.or.id, berikut doa yang bisa dibaca seorang anak untuk kedua orang tuanya:

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Rabbighfir lī, wa li wālidayya, warham humā kamā rabbayānī shaghīrā.

Artinya: Ya Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil.

Bacaan doa di atas termasuk doa pendek yang umum dibaca sehari-hari setiap usai salat.

Baca Juga: Doa dan Amalan untuk Ayah yang Sudah Meninggal

2. Doa untuk kedua orang tua yang sudah meninggal

Doa untuk Kedua Orang Tua yang Sudah MeninggalWarga datang berziarah ke kuburan massal tsunami di Siron (IDN Times/Saifullah)

Salah satu hadis yang diriwayatkan Muslim berbunyi: Dari Abu Hurairah r.a. berkata, Rasulullah SAW bersabda, ”Apabila ‘anak Adam itu mati, maka terputuslah amalnya, kecuali (amal) dari tiga ini: sedekah yang berlaku terus menerus, pengetahuan yang dimanfaatkan, dan anak soleh yang mendoakan dia.”

Dari sabda di atas, dapat dilihat bahwa mendoakan orang tua yang sudah meninggal termasuk sebagai amalan yang tidak akan terputus.

Berikut doa yang bisa dibaca untuk untuk orang tua yang sudah meninggal:

اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allahummaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkholahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khothoo ya kamaa yunaqqots- tsawbul abyadhu minad danas, wa abdilhu daaron khoiron min daarihii wa ahlan khoiron min ahlihii wa zawjan khoiron min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a ‘idzhu min ‘adzaabil qobri wa fitnatihi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya: Wahai Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.

Kalau yang sudah meninggal adalah ibu (perempuan), maka lafadz 'hu' diganti menjadi 'ha' dan jika keduanya sudah meninggal, maka lafadz 'hu' diganti menjadi 'huma'.

3. Ditutup dengan doa sapu jagad

Doa untuk Kedua Orang Tua yang Sudah MeninggalSuasana ziarah kubur di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Khusus COVID-19, Simalingkar B, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan, Rabu (22/3/2023). (IDN Times/Prayugo Utomo)

Mendoakan orang tua yang sudah meninggal sebaiknya ditutup dengan doa sapu jagad, selawat nabi, dan Surat Al-Fatihah sebagai berikut:

رَبَّنَا آتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً، وَفِى الْآخِرَةِ حَسَنَةً، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ، سًبْحَانَ رَبَّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ، وَصَلَّى اللهُ علَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ. اَلْفَاتِحَةْ …

Rabbanā ātina fid duniā hasanah, wa fil ākhirati hasanah, wa qinā ‘adzāban nār. Subhāna rabbika rabbil ‘izzati ‘an mā yashifūna, wa salāmun ‘alal mursalīna, wa shallallāhu ‘alā sayyidinā Muhammadin, wa ‘alā ālihī, wa shahbihī, wa sallama, wal hamdulillāhi rabbil ‘alamīn. Al-Fatihah.

Artinya: Ya Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungi kami dari siksa api neraka. Maha suci Allah, Tuhan pemilik kemuliaan, dari segala yang mereka gambarkan. Semoga kesejahteraan melimpah untuk para rasul. Semoga Allah melimpahkan selawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan sahabatnya. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam. (baca Surat Al-Fatihah).

4. Cara lain untuk berbakti pada orang tua yang sudah meninggal

Doa untuk Kedua Orang Tua yang Sudah MeninggalANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Selain rutin memanjatkan doa untuk kedua orang tua yang sudah meninggal kepada Allah SWT, ada beberapa cara lain yang dapat dilakukan sebagai wujud bakti anak pada orang tuanya meski sudah tidak lagi bersama-sama di dunia.

Beberapa caranya adalah dengan menjaga silaturahmi dengan kerabat serta teman orang tua, bersedekah atas nama orang tua, menjaga nama baik orang tua, melunasi utang orang tua, menjaga persaudaraan serta terus menyebarkan ilmu bermanfaat.

Baca Juga: Doa untuk Kedua Orang Tua Agar Diberikan Keberkahan Dalam Hidup

Topik:

  • Sunariyah
  • Septi Riyani
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya