91 Korban Meninggal Gempa Lombok Kesemuanya WNI

Belum ada korban WNA sejauh ini

Jakarta, IDN Times - Gempa bumi berkekuatan 7 Skala Richter (SR) yang mengguncang wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) memberikan dampak yang luas.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat hingga Senin (6/8) korban meninggal dunia telah mencapai 91 orang dan ratusan lainnya mengalami luka-luka.

1. Tidak ada korban dari Warga Negara Asing

91 Korban Meninggal Gempa Lombok Kesemuanya WNIIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, seluruh korban meninggal dunia adalah Warga Negara Indonesia.

“Total 91 orang meninggal, 209 orang luka-luka, ribuan rumah rusak, ribuan warga mengungsi. Korban meninggal karena tertimpa bangunan yang roboh, ada yang lari terus jatuh sampe stroke akhirnya meninggal. Dari 91 semua Warga Negara Indonesia, sampai saat ini kami belum mendapatkan adanya korban Warga Negara Asing yang ada di Bali atau NTB,” ujar Sutopo di kantor BNPB, Jakarta Timur, Senin (6/8).

Baca Juga: Gempa Lombok, Polda Jatim Kirim 220 Personel Ke NTB

2. Banyak kendala yang dihadapi saat evakuasi

91 Korban Meninggal Gempa Lombok Kesemuanya WNIIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Hingga saat ini ia mengatakan Tim Pencarian dan Pertolongan (SAR) gabungan masih terus menyisir dan mencari adanya korban yang masih terjebak di reruntuhan puing-puing bangunan yang roboh akibat gempa besar tersebut.

“Kendala jalan yang susah, akses lokasi yang sulit dijangkau, keterbatas personel dan alat berat,” terangya.

3. Puluhan ribu warga mengungsi

91 Korban Meninggal Gempa Lombok Kesemuanya WNIIDN Times/Indiana Malia

Sampai saat ini ia mengaku belum dapat menghitung secara keseluruhan total pengungsi yang ada, namun diakuinya para pengungsi yang terdampak dari gempa 6,4 SR pada 29 Juli masih tetap bertahan di lokasi pengungsian yang telah disediakan pemerintah daerah:

“Belum dapat dihitung (jumlah pengungsi), klo dari gempa yang 6,4 SR kemarin ada 10.170 jiwa ditambah lebih dari 20 ribu (hari ini) di semua Lombok Utara dan Timur,” tuturnya.

4. Korban gempa Lombok sangat membutuhkan banyak bantuan

91 Korban Meninggal Gempa Lombok Kesemuanya WNIIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Lebih jauh Sutopo mengatakan, fokus utama saat ini adalah pencarian, penyelamatan dan pertolongan kepada masyarakat yang terdampak gempa serta pemenuhan kebutuhan dasar.

“Kebutuhan mendesak seperti tenaga medis, obat, makanan siap saji, makanan balita, tenda pengungsian, selimut, tikar, pembalut, dapur umum, kegiatan trauma healing, alat komunikasi dan alat berat,” ungkapnya.

Untuk diketahui, jumlah korban meninggal akibat gempa berkekuatan 7 SR ini paling banyak terdapat di daerah Lombok Utara yaitu 72 orang, disusul dengan Lombok Barat 9 orang, Kota Mataram 4 orang, Lombok Timur, Lombok Tengah, dan Bali 2 orang.

Baca Juga: Gempa Lombok, Presiden Jokowi Sampaikan Duka Mendalam

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya