Hari ini KNKT Merilis Laporan Pendahuluan Jatuhnya Lion Air JT-610

Pencarian CVR juga masih terus dilakukan

Jakarta, IDN Times - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) hari ini akan merilis preliminary report (laporan pendahuluan) Pesawat Lion Air PK-LQP yang jatuh di Perairan Karawang pada Senin (29/10) lalu.

Seperti diketahui, Lion Air dengan nomor penerbangan JT610 rute Jakarta - Pangkal Pinang tersebut mengangkut 189 penumpang. Tim SAR Gabungan telah menemukan black box pesawat tersebut untuk bahan investigasi mereka.

1. Laporan berisikan data-data faktual

Hari ini KNKT Merilis Laporan Pendahuluan Jatuhnya Lion Air JT-610ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Laporan yang akan disampaikan KNKT hari ini berupa data-data faktual yang sudah diperoleh tanpa disertai analisis ataupun kesimpulan.

"Preliminary report akan kita keluarkan tanggal 28 atau 29 November yang berisi data-data faktual tanpa analisis tanpa kesimpulan. Sesuai dengan ICAO annex bahwa satu bulan terhitung kecelakaan harus keluarkan preliminary report," ujar Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono beberapa waktu yang lalu kepada IDN Times.

Baca Juga: Belum Ada Sanksi untuk Lion Air, Kemenhub Tunggu KNKT

2. Laporan pendahuluan bisa diakses secara online

Hari ini KNKT Merilis Laporan Pendahuluan Jatuhnya Lion Air JT-610(Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono) ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Dia menambahkan, laporan pendahuluan ini bisa diakses oleh masyarakat karena KNKT akan mempublikasikannya secara online. "Di situ data-data yang sudah kita dapat, 100 persen akan kita sharing di preliminary report," imbuh Soerjanto.

3. Pencarian CVR masih terus dilakukan

Hari ini KNKT Merilis Laporan Pendahuluan Jatuhnya Lion Air JT-610ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Sementara itu, wakil ketua KNKT Haryo Satmiko menuturkan bahwa saat ini pihaknya sedikit kesulitan untuk mencari bagian cockpit voice recorder (CVR) pesawat Lion Air.

“Pencarian CVR masih terkendala teknis, laporan awal tetap ada dan berjalan,” ujar Haryo saat dikonfirmasi IDN Times, Senin (26/11).

4. Penemuan CVR sangat penting bagi KNKT

Hari ini KNKT Merilis Laporan Pendahuluan Jatuhnya Lion Air JT-610ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Haryo menambahkan, penemuan CVR sendiri sangat penting bagi KNKT untuk bisa mengetahui bagaimana komunikasi di dalam kokpit antara pilot dan co-pilot.

Data CVR ini juga bisa digunakan untuk mendalami masalah human factor sekaligus melengkapi data-data yang telah berhasil dihimpun dari Flight Data Recorder (FDR) yang telah ditemukan.

Laporan pendahuluan sendiri akan dilaksanakan di kantor KNKT pada pukul 10.00 WIB. Laporan tersebut akan disampaikan langsung oleh pejabat berwenang dari pihak KNKT.

Baca Juga: Begini Penjelasan KNKT tentang Data FDR Lion Air JT610 

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya