Comscore Tracker

Iklan Jokowi di Bioskop, Sandiaga: Kalau Gak Melanggar Woles Aja!

Sandiaga melarang timnya kampanye melalui bioskop

Jakarta, IDN Times - Bakal calon Wakil Presiden Sandiaga Salahuddin Uno angkat bicara terkait dugaan adanya kampanye terselubung dari pasangan Joko ‘Jokowi’ Widodo dan Ma’ruf Amin yang ditayangkan melalui bioskop.

Video iklan itu menampilkan keberhasilan pemerintahan Joko ‘Jokowi’ Widodo-Jusuf Kalla dalam membangun 65 bendungan dengan waktu dua musim. Iklan yang tayang di layar bioskop sebelum dimulainya film itu dianggap sebagian kalangan sebagai curi start kampanye. 

Apa tanggapan Sandiaga soal isu yang tengah memanas di tengah-tengah masyarakat ini?

1. Asal tidak melanggar Undang-undang

Iklan Jokowi di Bioskop, Sandiaga: Kalau Gak Melanggar Woles Aja!IDN Times/Irfan Fathurohman

Pasangan Prabowo Subianto ini mengaku tidak ambil pusing terkait persoalan tersebut. Menurutnya yang paling penting adalah Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) harus mengambil tindakan tegas bila memang hal tersebut melanggar Undang-undang di dalam Pemilu.

“Tapi bagi saya yang penting ada gak Undang-undang yang dilanggar, ada gak peraturan dan ketentuan yang dilanggar. Kalau gak, ya gak usah terlalu dibesar-besarkan. Buat saya, woles aja lah,” ujar Sandi di kawasan Bulungan, Jakarta Selatan, Jumat (14/9).

2. Kampanye di bioskop sangat mengganggu masyarakat

Iklan Jokowi di Bioskop, Sandiaga: Kalau Gak Melanggar Woles Aja!Antara FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Mantan Ketua Kadin ini mengaku telah memberikan arahan kepada tim kampanyenya agar tidak menaruh iklan di bioskop. Menurutnya, itu dapat mengganggu masyarakat yang datang ke bioskop dengan tujuan mencari hiburan.

“Karena apa? Karena orang datang ke bioskop itu pengen nonton film, begitu ada iklan (kampanye) eeehhh sebel gitu," kata Sandi. 

"Tapi ya intinya saya gak bisa komentar, kalau pencapaian pemerintah dan sebagainya itu kan memang ada anggarannya untuk disosialisasikan dan dalam masa kampanye gini, pasti bisa dianggap bagian dari kampanye," imbuhnya.

Baca Juga: Iklan Jokowi di Bioskop, Sekjen PPP: Bukan Dibuat oleh Tim Kampanye

3. Petahana biasa berkampanye terkait pencapaian kerjanya

Iklan Jokowi di Bioskop, Sandiaga: Kalau Gak Melanggar Woles Aja!Antara FOTO/Hafidz Mubarak

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini mengaku hal yang sangat wajar bila petahana dalam kampanyenya selalu memamerkan capaian-capaiannya selama mengemban tugas agar menjadi perhatian bagi para pemilihnya.

“Pak Presiden yang kita hormati dan Pak Kiai Ma'ruf pasti akan menggunakan itu sebagai bahan kesuksesannya itu yang akan diangkat dan disosialisasi. Sementara kita akan menyampaikan masa depan apa yang akan kita lakukan,” tuturnya.

“Jadi itu merupakan realita daripada politik kita dan masyarakat gak usah terlalu terprovokasi dan selama itu sesuai dengan ketentuan, perundang-undangan, dan regulasi jangan terlalu ditanggapi selalu negatif. Itu pendapat saya pribadi,” sambungnya.

Seperti diketahui, iklan Jokowi yang muncul di bioskop menampilkan proses pembangunan sejumlah bendungan yang telah dibangunnya selama menjabat sebagai presiden. Dalam video tersebut juga ada testimoni dari seorang petani lalu ditutup oleh pernyataan dari Jokowi.

Baca Juga: Jawab Tudingan Kampanye pada Iklan di Bioskop, Jokowi: Itu Amanat UU

Line IDN Times

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You