Comscore Tracker

Ini Alasan Istana Berikan Bintang Tanda Jasa ke Fadli Zon-Fahri Hamzah

Seleksi telah dilakukan secara ketat 

Jakarta, IDN Times - Istana Presiden memberikan penjelasan terkait pemberian penghargaan Bintang Mahaputra Nararya kepada politikus Partai Gerinda Fadli Zon dan Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora Indonesia) Fahri Hamzah.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan, proses seleksi telah dilakukan secara baik dengan melibatkan Sekretaris Militer (Sesmil) Presiden Mayjen TNI Suharyanto sebagai ketua tim seleksi pemberian tanda jasa.

Baca Juga: Jokowi Akan Berikan Bintang Penghargaan ke Fadli Zon dan Fahri Hamzah?

1. Seleksi telah dilakukan secara ketat

Ini Alasan Istana Berikan Bintang Tanda Jasa ke Fadli Zon-Fahri HamzahKepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono (Dok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan)

Menurut Heru, seleksi telah dilakukan secara ketat hingga keduanya berhasil mendapatkan penghargaan tersebut.

"Yang pasti ada seleksi kan, dan tim pemberian tanda jasa sekretarisnya Pak Sesmil. Tentunya berbagai persyaratan,” kata Heru saat dikonfirmasi, Senin (10/8/2020).

2. Fadli Zon dan Fahri Hamzah mendapat tanda jasa dari Jokowi

Ini Alasan Istana Berikan Bintang Tanda Jasa ke Fadli Zon-Fahri HamzahWakil Ketua Partai Gerindra Fadli Zon menghadiri Reuni 212 di Monas, Senin (2/12). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD melalui akun resmi Twitternya, @mohmahfudmd, mengatakan Presiden Joko “Jokowi” Widodo akan memberikan penghargaan kepada Fadli Zon dan Fahri Hamzah dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia.

Padahal, selama ini diketahui kedua politikus itu kerap berseberangan dengan pemerintah dan sering melontarkan kritikan tajam atas kebijakan yang ada selama ini.

“Dalam rangka HUT Proklamasi RI ke 75, 2020, Presiden RI akan memberikan bintang tanda jasa kepada beberapa tokoh dalam berbagai bidang. Fahri Hamzah @Fahrihamzah dan Fadli Zon @fadlizon akan mendapat Bintang Mahaputra Nararya. Teruslah berjuang untuk kebaikan rakyat, bangsa, dan negara,” cuit Mahfud melalui akun @mohmahfudmd, Senin (10/8/2020).

3. Fadli Zon dan Fahri Hamzah pernah menjabat sebagai wakil ketua DPR

Ini Alasan Istana Berikan Bintang Tanda Jasa ke Fadli Zon-Fahri HamzahPolitikus Partai Gelora Indonesia Fahri Hamzah (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Fadli Zon merupakan politikus dari Partai Gerindra. Saat ini ia menjabat sebagai anggota DPR RI Periode 2019-2024. Sebelumnya ia juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPR Periode 2014-2019.

Sementara Fahri Hamzah, sudah tidak lagi menduduki jabatan di DPR. Sebelumnya dia adalah Wakil Ketua DPR Periode 2014-2019. Saat ini Fahri sedang fokus membesarkan partai yang baru dibentuknya bersama sejumlah mantan petinggi PKS, salah satunya Anies Mata yaitu Partai Gelora.

4. Bintang Mahaputera Nararya adalah penghargaan sipil tertinggi

Ini Alasan Istana Berikan Bintang Tanda Jasa ke Fadli Zon-Fahri HamzahPresiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin sedang melihat foto Sultan Himayatuddin (Dok/Setpres Biro Pers Kepresidenan)

Bintang Mahaputera Nararya adalah bintang penghargaan sipil tertinggi yang diberikan oleh pemerintah. Penghargaan ini setingkat di bawah Bintang Republik Indonesia.

Pada HUT ke-74 RI, Presiden Jokowi memberikan penghargaan serupa kepada empat tokoh Tanah Air. Di antaranya Sofjan Wanandi, Arifin Panigoro, almarhum Tengku Nasaruddin Said Effendy, dan almarhum Siti Maryam M. Salahuddin.

Baca Juga: Listrik Bengkak, Fadli Zon: PLN Jangan Bikin COVID-19 Kambing Hitam

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya