Jokowi Hadiri KTT G20 secara Virtual, Bahas Penanganan COVID-19

KTT G20 akan berlangsung 21-22 November

Jakarta, IDN Times - Acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 2020 kali ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Akibat pandemik COVID-19, acara tersebut terpaksa digelar secara daring.

Presiden Joko “Jokowi” Widodo pun turut hadir dalam rangkaian KTT G20 itu secara daring melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Sabtu (21/11/2020).

1. KTT G20 akan berlangsung 21-22 November

Jokowi Hadiri KTT G20 secara Virtual, Bahas Penanganan COVID-19(Para pemimpin KTT G20 termasuk Presiden Jokowi berfoto di Osaka, Jepang) www.twitter.com/@jokowi

Dikutip dari Biro Pers Kepresidenan, pertemuan ke-15 G20 tahun ini diselenggarakan di Kota Riyadh, Arab Saudi, pada 21 hingga 22 November 2020.

KTT G20 kali ini akan mempertemukan para pemimpin dunia yang tergabung dalam G20 selama dua hari untuk membahas tentang upaya-upaya mendorong pemulihan global dari pandemik COVID-19.

Baca Juga: Jokowi: 74 Juta Penduduk Negara Anggota APEC Kehilangan Pekerjaan

2. Jokowi dan kepala negara lainnya akan mendiskusikan penanggulangan pandemik COVID-19

Jokowi Hadiri KTT G20 secara Virtual, Bahas Penanganan COVID-19Presiden Jokowi bersama dengan Istrinya Ibu Iriana (Dok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan)

Malam ini, Sabtu, 21 November 2020, Jokowi akan mengikuti agenda seremoni pembukaan KTT G20 tahun 2020 dan menghadiri sesi "Mengatasi Pandemi serta Memulihkan Pertumbuhan Ekonomi dan Pekerjaan".

Pada sesi tersebut, kepala negara/pemerintahan G20 akan mendiskusikan mengenai upaya penanggulangan pandemik COVID-19 di bidang kesehatan dan pemulihan ekonomi global, termasuk pemulihan pasar tenaga kerja, perlindungan sosial, dan sistem keuangan global.

3. Jokowi didampingi sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju

Jokowi Hadiri KTT G20 secara Virtual, Bahas Penanganan COVID-19Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Ma'ruf Amin berfoto bersama jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju yang baru dilantik di tangga beranda Istana Merdeka, Jakarta, pada 23 Oktober 2019. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Selain itu, juga akan dibahas perkembangan kesepakatan pada KTT sebelumnya, termasuk dukungan debt suspension pada negara berpendapatan rendah, serta penguatan sistem perdagangan multilateral.

Mendampingi Jokowi saat menghadiri KTT G20 secara daring antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Sherpa G-20 Indonesia Rizal Affandi Lukman yang juga menjabat sebagai Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Baca Juga: Gelar KTT untuk Bahas Pandemi Virus Corona, Ini Hasil Kesepakatan G20

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya