Jokowi Segera Angkat Wakil Mendikbud dan Wakil Panglima TNI

Jokowi sudah teken 2 perpres untuk posisi wakil menteri

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo membantah akan ada tambahan 6 wakil menteri (wamen) di Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Bantahan ini disampaikan Jokowi usai memperingati Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (10/11).

Baca Juga: Tak Hanya Punya 2 Wamen, Erick Thohir Angkat 4 Staf Khusus

1. Jokowi baru teken 2 perpres, yakni wakil mendikbud dan wakil panglima TNI

Jokowi Segera Angkat Wakil Mendikbud dan Wakil Panglima TNI(Susunan Wamen Kabinet Indonesia Maju) IDN Times/Teatrika Putri

Sampai saat ini, Jokowi baru meneken peraturan presiden (perpres) untuk tambahan dua wamen yaitu wakil menteri pendidikan dan kebudayaan dan wakil panglima TNI.

“Belum (ada tambahan wamen),” kata Jokowi.

2. Wakil mendikbud dan wakil panglima TNI dalam proses

Jokowi Segera Angkat Wakil Mendikbud dan Wakil Panglima TNIIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Hal tersebut juga ditegaskan kembali oleh Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rahman. Dia mengatakan, Presiden Jokowi baru mengeluarkan 2 Perpres yaitu Perpres Nomor 66 tentang Wamendikbud dan Perpres Nomor 72 Tahun 2019 tentang Wakil Panglima TNI.

“Jadi di luar itu seperti Pak Jokowi tadi katakan, belum dibicarakan. Jadi yang sudah terbit akan kita proses secepatnya, dalam proses. Ada dua, Kemendikbud dan Wakil Panglima TNI,” ujarnya.

3. Wamendikbud dan wakil panglima TNI hak prerogatif Presiden

Jokowi Segera Angkat Wakil Mendikbud dan Wakil Panglima TNI(Pelantikan wakil Menteri di Kabinet Indonesia Maju) ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Saat ditanya mengenai siapa sosok yang akan menempati dua jabatan tersebut, Fajroel enggan menanggapinya lebih jauh.

“Hak prerogatif Presiden mengenai orang, mengenai kapan, itu Pak Presiden yang akan menentukan. Tetapi dari mensesneg (menteri sekretaris negara) yang akan memprosesnya,” jelas dia.

“Mudah-mudahan pasti yang terbaik yang dipilih, pasti InsyaAllah yang terbaik, percayalah,” dia menambahkan.

4. Tambahan 6 wamen pertama kali dilontarkan oleh Moeldoko

Jokowi Segera Angkat Wakil Mendikbud dan Wakil Panglima TNIKepala Staf Kepresidenan Indonesia Dr. H. Moeldoko, S.I.P. (IDN Times/Panji Galih)

Sebelumnya, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengungkapkan, Presiden Jokowi akan menambah 6 wakil menteri lagi di Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Hal itu disampaikan Moeldoko dalam wawancara khusus dengan IDN Times, di Kantor Staf Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (6/11) lalu.

Moeldoko awalnya menanggapi soal pendukung dan partai politik Jokowi yang belum mendapatkan jatah di kabinet. Lalu, ia mengatakan, ke depannya Jokowi berencana menambah kursi wakil menteri lagi.

"Pasti sudah dipikirkan oleh Beliau. Memang masih ada rencana penambahan wamen ke depan," kata Moeldoko.

Terkait menteri siapa saja yang akan mendapatkan wakil, Moeldoko enggan memberitahu lebih jauh. Ia hanya menuturkan akan ada sekitar 6 wamen lagi yang akan diangkat Jokowi.

"Rinciannya tidak perlu saya sampaikan. Mungkin kurang lebih ada 6 lagi wamen ke depan," ujar Moeldoko.

Baca Juga: Jabatan Wakil Panglima TNI Ternyata Diusulkan Moeldoko

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya