Jubir Pemerintah: Kami Harap Media Beri Informasi Masker untuk Semua

Besarnya kasus COVID-19 disebut karena masih ada penularan

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona atau COVID-19 Achmad Yurianto meminta media, agar terus menginformasikan pentingnya menggunakan masker untuk semua ketika berada di luar rumah.

Yurianto juga mengapresiasi setinggi-tingginya kepada awak media, yang telah menyampaikan informasi mengenai virus corona kepada masyarakat.

1. Media diimbau agar mengajak masyarakat menggunakan masker ketika berada di luar rumah

Jubir Pemerintah: Kami Harap Media Beri Informasi Masker untuk SemuaIlustrasi (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Yurianto mengimbau kepada media, agar terus menginformasikan pentingnya menggunakan masker untuk semua ketika berada di luar rumah.

“Kami harap pekerja media berikan informasi masker untuk semua. Karena ini langkah efektif untuk melengkapi physical distancing, agar rantai penularan COVID-19 bisa kita hentikan dengan baik,” kata Yuri dalam siaran langsung TVRI, Senin (6/4).

Jubir Pemerintah: Kami Harap Media Beri Informasi Masker untuk Semua(IDN Times/Arief Rahmat)

Baca Juga: BNPB Bantah Terima 1 Juta Masker dari Shopee 

2. Tingginya kasus virus corona akibat masih ada penularan di luar rumah

Jubir Pemerintah: Kami Harap Media Beri Informasi Masker untuk SemuaIlustrasi (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga ini menjelaskan, semakin tingginya kasus COVID-19 disebabkan masih adanya penularan di luar rumah. Oleh sebab itu, kedisiplinan untuk tetap di rumah saja menjadi kunci keberhasilan memutus mata rantai penyebaran virus corona.

“Karena sebagian dari mereka kelompok orang yang tanpa gejala, orang yang di dalam tubuhnya terdapat virus dan berkembang biak dapat menularkan ke sekitarnya melalui droplet saat batuk. Sementara yang bersangkutan tidak merasa sakit, tapi memiliki virus yang bisa menyebar ke mana-mana,” ujar Yurianto.

3. Memakai masker untuk semua, merupakan imbauan dari pemerintah dan WHO

Jubir Pemerintah: Kami Harap Media Beri Informasi Masker untuk SemuaIlustrasi (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Lebih jauh, Yurianto menambahkan, masker untuk semua merupakan perintah langsung dari Presiden Joko “Jokowi” Widodo dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

“Oleh karena itu secara mandiri kita mampu untuk membuat masker kain ini sendiri. Masker bedah, masker N95 hanya untuk petugas medis. Oleh karena itu, kita cukup masker kain yang bisa kita buat sendiri. Maksimal pemakaian empat jam sehari, kemudian kita cuci kembali dengan sabun,” kata dia.

https://www.youtube.com/embed/aUrK9HlKpD8

Baca Juga: Jokowi: Semua yang Keluar Rumah Harus Memakai Masker 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya