Ketua MPR Bamsoet Minta Maaf ke Jokowi soal Lelang Motor Listrik

Bamsoet juga mengklarifikasi sejumlah berita bohong

Jakarta, IDN Times - Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta maaf kepada Presiden Joko “Jokowi” Widodo dan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), atas insiden lelang motor listrik di konser amal penggalangan dana secara virtual pada Minggu (17/5) lalu.

Dalam konser tersebut, pria yang kerap disapa Bamsoet ini terlibat sebagai penanggung jawab acara. Atas kejadian tersebut, ia tidak ingin menyeret nama orang lain yang belakangan ikut diperbincangkan publik.

1. Bamsoet sebagai penanggung jawab acara konser amal

Ketua MPR Bamsoet Minta Maaf ke Jokowi soal Lelang Motor Listrik(ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Setelah acara tersebut selesai, Bamsoet mengaku menyimpan rasa bersalah kepada Presiden Jokowi, karena acara insiden lelang motor listrik miliknya.

“Saya atas nama panitia memohon maaf sebesar-besarnya kepada Presiden dan Setneg. Kalau ada pihak yang disalahkan, saya orangnya karena saya penanggung jawab acara ini,” kata pria yang akrab disapa Bamsoet ini melalui keterangan pers di channel YouTube BNPB, Jumat (22/5).

Baca Juga: Polda Jambi Amankan Pemenang Lelang Motor Listrik Jokowi, Ada Apa?

2. Bamsoet klarifikasi sejumlah berita hoaks setelah konser amal tersebut

Ketua MPR Bamsoet Minta Maaf ke Jokowi soal Lelang Motor ListrikKetua MPR Bambang Soesatyo (IDN Times/Santi Dewi)

Bamsoet pun mengklarifikasi sejumlah berita bohong atau hoaks di media sosial, yang disebarkan orang yang tidak bertanggung jawab. Mulai dari konser yang menelan biaya hingga Rp6,7 miliar hingga konser yang dihadiri ribuan penonton tanpa mematuhi protokol kesehatan physical distancing.

“Padahal semua berlangsung secara virtual di rumah masing-masing, dan padahal faktanya (biaya konser) tidak sampai Rp500 juta,” ujar dia.

3. Bamsoet mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang ikut berdonasi

Ketua MPR Bamsoet Minta Maaf ke Jokowi soal Lelang Motor ListrikIDN Times/Margith Juita Damanik

Kendati demikian, Bamsoet mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat yang ikut berdonasi dalam acara konser amal secara virtual tersebut.

“Hingga hari ini, donasi yang sudah masuk lewat kitabisa.com Rp4,2 miliar,” tutur dia.

4. Seorang pemenang lelang motor listrik bernama M Nuh tidak bisa menebus biaya lelang tersebut

Ketua MPR Bamsoet Minta Maaf ke Jokowi soal Lelang Motor ListrikMotor listrik buatan anak bangsa ditandatangani Presiden Jokowi. (Instagram.com/bambang.soesatyo)

Dalam konser amal secara virtual yang ditayangkan TVRI dan sejumlah stasiun televisi lainnya pada Minggu (17/5) lalu, panitia menggelar lelang motor listrik "Gesits" yang telah ditandatangani Presiden Jokowi.

Motor tersebut akhirnya laku seharga Rp2,550 miliar yang dimenangkan pengusaha asal Jambi bernama M Nuh. Namun, belakangan diketahui sosok yang bersangkutan hanya seorang buruh dan tidak mengetahui jika acara yang diikutinya tersebut adalah lelang untuk kepentingan donasi bagi warga terdampak virus corona.

M Nuh mengira motor listrik tersebut adalah hadiah. Ketika pihak panitia menagih kepada yang bersangkutan, dia ketakutan karena tidak bisa menebus lelang tersebut.

Baca Juga: Motor Listrik Bertanda Tangan Jokowi Dilelang Rp2,5 M untuk COVID-19

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya