Ma’ruf Amin: Pembangunan Rumah Membentuk Karakter Generasi Muda 

Pemerintah terus fasilitasi rakyat agar bisa memiliki rumah

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan, lingkungan rumah yang nyaman dan sehat mempunyai pengaruh positif bagi orang tua untuk membesarkan dan mendidik anak.

Hal itu disampaikan Ma’ruf Amin saat membuka Focus Grup Discussion (FGD) dengan tema Mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional Melalui Sektor Perumahan, yang diselenggarakan oleh Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

“Oleh sebab itu, pembangunan rumah yang baik akan berdampak tidak hanya terhadap pertumbuhan ekonomi, tetapi juga penting sebagai prasarana dalam membantu membentuk karakter generasi muda bangsa,” kata Ma’ruf, Senin (28/12/2020).

Baca Juga: Program Satu Juta Rumah Tak Capai Target, Ma'ruf Amin: Karena Pandemik

1. Pemerintah terus berupaya untuk memfasilitasi penyediaan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah

Ma’ruf Amin: Pembangunan Rumah Membentuk Karakter Generasi Muda Ilustrasi perumahan. (Dok. Kementerian PUPR)

Dengan demikian, pemerintah melalui program satu juta rumah terus berupa untuk memfasilitasi penyediaan rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2019, jumlah keluarga di Indonesia yang memiliki rumah sebesar 80,07 persen. Diperkirakan ada 20 persen keluarga di Indonesia yang belum memiliki rumah.

“Untuk mengatasi backlog perumahan, pemerintah telah melakukan berbagai upaya di antaranya dengan memberikan bantuan pembiayaan kepemilikan rumah, reformasi perizinan, dan insentif fiskal,” ujarnya.

2. Realisasi program satu juta rumah pada 2020 tidak sesuai target

Ma’ruf Amin: Pembangunan Rumah Membentuk Karakter Generasi Muda Ilustrasi perumahan. (Dok. Kementerian PUPR)

Kendati demikian, mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini mengaku, realisasi program satu juta rumah pada 2020 tidak berjalan sesuai target pemerintah. Penyebabnya, karena ada pandemik COVID-19 hingga membuat realisasi program tersebut menjadi terhambat.

"Khusus untuk tahun ini, dikarenakan pandemik COVID-19, terjadi penurunan pertumbuhan pada sektor perumahan di Indonesia. Realisasi Program Sejuta Rumah tidak sesuai target,” kata Ma’ruf.

3. Program satu juta rumah di 2020 hanya mencapai target 856 ribu

Ma’ruf Amin: Pembangunan Rumah Membentuk Karakter Generasi Muda Ilustrasi perumahan. (Dok. Kementerian PUPR)

Mantan Rais Aam NU ini juga menuturkan, sejak diresmikan Presiden Joko “Jokowi” Widodo pada 2015 lalu, program satu juta rumah selalu berjalan sesuai target. Bahkan berdasarkan catatan pemerintah per 14 Desember 2020, telah terealisasi sebanyak 5,6 juta unit rumah yang dinikmati lebih dari 70 persen golongan MBR.

"Capaian Program Satu Juta Rumah tahun 2020 per tanggal 14 Desember sebesar 856.758 unit, di mana kurang lebih 77 persennya disalurkan untuk MBR,” ujar Ma’ruf.

Baca Juga: Ma’ruf Amin Minta Muhammadiyah Terus Berperan Atasi Pandemik COVID-19

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya