Megawati Jadi Penerima Gelar Doktor Honoris Causa Pertama dari IPDN

 Megawati dianggap revolusioner

Sumedang, IDN Times - Presiden RI ke-5 Megawati Soekarno Putri resmi menerima gelar Doktor Honoris Causa dalam Bidang Politik Pemerintahan dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

1. Pemberian gelar dipimpin langsung Gubernur IPDN

Megawati Jadi Penerima Gelar Doktor Honoris Causa Pertama dari IPDNIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Penganugerahan gelar kehormatan ini berlangsung di Kampus IPDN, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Kamis (08/03). Sejumlah pejabat negara hadir dalam sidang terbuka senat pemberian gelar kehormatan tersebut.

Sidang senat terbuka penganugerahan gelar kehormatan ini dipimpin langsung oleh Gubernur IPDN Prof Ermaya Suradinata SH, MH dengan Anggota promotor lainnya, yakni sejumlah guru besar IPDN Hasan Efendi, Cahya Supriatna, Elena Hasan, Aris Setianuri, Nadisa.

Baca juga: Mengenal IPDN, Kontroversi dan Sejarahnya

2. IPDN berikan gelar pertama kepada Megawati

Megawati Jadi Penerima Gelar Doktor Honoris Causa Pertama dari IPDNIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Ermaya mengatakan bahwa Megawati merupakan orang pertama yang mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa dari IPDN sejak berdiri pada tahun 1960.

"Pertama kalinya sejak berdirinya 1960 dengan nama IPDN yang didirikan oleh Presiden pertama RI Soekarno. Ini (gelar) pertama yang pertama diberikan, dan orang pertama itu ibu Megawati," ujar Ermaya dalam sambutannya.

3. Megawati contoh pemimpin revolusioner

Megawati Jadi Penerima Gelar Doktor Honoris Causa Pertama dari IPDNIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Lebih lanjut Ermaya mengatakan gelar Doktor Honoris Causa yang diberikan tersebut karena Megawati merupakan representasi dari perempuan yang dapat menjadi pemimpin yang tegas. Hal itu terbukti saat Megawati menjabat sebagai presiden pada periode 2001-2004 silam. 

Menurut Ermaya, seluruh jajaran Kabinet Gotong Royong kala itu bekerja secara optimal berkat kepemimpinan Megawati.

Meski tegas, kata Ermaya, Megawati tetap mengindahkan nilai-nilai kemanusiaan dan nilai budaya serta senantiasa memperhatikan kelestarian lingkungan.

"Telah menampilkan kepemimpinan perempuan yang penuh dengan nilai-nilai kemanusiaan," jelas Ermaya.

Sebelumnya, Megawati pernah menerima 6 Gelar Doktor Honoris Causa, yakni dari Universitas Waseda, Tokyo, Jepang (2001); Moscow State Institute of International Relation, Rusia (2003); Korea Maritime and Ocean University, Busan, Korsel (2015);  Universitas Padjadjaran (2016); Universitas Negeri Padang (2017); dan Mokpo National University, Mokpo, Korsel (2017).

Baca juga: Megawati Raih Gelar Doktor Honoris Causa dari IPDN

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya