Mundur dari Demokrat, TGB Jadi Timses Jokowi?

TGB sudah terang-terangan mendukung Jokowi.

Jakarta, IDN Times - Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi telah resmi mengundurkan diri sebagai kader Partai Demokrat. Kini, ia merapat ke barisan pemerintah Joko ‘Jokowi’ Widodo.

Keputusan tersebut diambil TGB lantaran dirinya ingin mendukung Jokowi untuk bisa kembali melanjutkan Kabinet Kerja periode kedua. TGB juga disebut-sebut sebagai salah satu kandidat cawapres Jokowi.

Benarkah sekarang TGB menjadi tim sukses pemenangan Jokowi di Pilpres 2019?

1. TGB siap sukseskan Jokowi di Pilpres 2019

Mundur dari Demokrat, TGB Jadi Timses Jokowi?IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyambut baik dukungan tersebut. Dia mengaku akan mengajak Gubernur NTB ini untuk ikut dalam tim sukses pemenangan Jokowi di Pilpres 2019.

“Ya tentu saja beliau kan sudah memberikan dukungan kepada Pak Jokowi, mereka yang telah satu napas kepemimpinan memberikan dukungan kepada pak Jokowi tentu kita akan ajak sama-sama dalam memimpin tim kampanye yang begitu besar diperlukan juga tanggung jawab di daerah untuk memenangkan pak Jokowi,” ujar Hasto di kantor DPP PDI Perjuangan, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (24/07).

2. TGB telah memiliki kesamaan ideologi dengan PDIP

Mundur dari Demokrat, TGB Jadi Timses Jokowi?IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Menurutnya, keputusan yang diambil oleh TGB tersebut adalah haknya sebagai warga negara yang telah diatur dalam Undang-Undang dan secara konstitusional. 

Hasto berharap dengan bergabungnya TGB ke PDI Perjuangan sudah sejalan dengan ideologi partai berlambang banteng tersebut yang mengedepankan pancasila dalam setiap pengambilan keputusannya.

“Bagi PDIP, yang bergabung ke PDIP tentu saja juga bersama-sama memahami misi PDIP. Kemudian semangat ideologi PDIP berdasarkan pancasila dan proses dialog itu sangat baik dan tentu saja mereka akan bergabung tentu saja harus ada kesesuaian sikap,” harapnya.

3. Nama Cawapres Jokowi masih ditutup rapat

Mundur dari Demokrat, TGB Jadi Timses Jokowi?Dok. IDN Times

Disinggung mengenai bergabungnya TGB ke pemerintahan terkait dengan cawapres untuk Jokowi, Hasto menegaskan masih perlu dilakukan komunikasi lagi antar kedua belah pihak. Namun, ia menegaskan antara Jokowi dan TGB memiliki kesamaan visi dan misi untuk membangun Indonesia dari daerah.

“Ya tentu saja bagi PDIP, sikap yang ditunjukan oleh beliau, TGB yang memberikan dukungan untuk Pak Jokowi ini merupakan angin segar, merupakan hal yang sangat positif, dan akan memperkuat kepemimpinan pak Jokowi karna beliau juga sangat paham kepemimpinan pak Jokowi yang sangat memperhatikan daerah-daerah tertinggal,” terangnya.

Seperti diketahui sebelumnya, Jokowi sendiri hingga saat ini masih menyimpan rapat nama yang akan mendampingi dirinya pada Pilpres 2019 mendatang. Menurut kalian siapa ya Cawapres yang tepat untuk Jokowi?

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya