Comscore Tracker

Profil Ribka Tjiptaning, Anggota DPR yang Disorot karena Vaksinasi 

Sebelum terjun ke politik, Ribka adalah seorang dokter

Jakarta, IDN Times - Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Ribka Tjiptaning menjadi sorotan publik usai menolak divaksinasi COVID-19. Penolakan tersebut disampaikan Ribka dalam rapat kerja perdana dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Lukito, dan Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir pada Selasa, 12 Januari 2021.

"Saya pertama yang bilang saya menolak vaksin. Kalau dipaksa ini akan jadi pelanggaran HAM lho. Gak boleh dipaksa begitu,” kata Ribka dalam rapat kerja tersebut.

Penolakan dari Ribka tersebut membuat PDI Perjuangan geram, hingga akhirnya dia dirotasi dari Komisi IX ke Komisi VII berdasarkan surat Fraksi PDIP DPR Nomor 04/F-PDIP/DPR-RI/2022 tertanggal 18 Januari 2021, yang ditandatangani oleh Ketua Fraksi PDI Perjuangan Utut Adianto dan Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan Bambang Wuryanto. Lalu seperti apa sosok Ribka Tjiptaning?

Baca Juga: PDIP Rotasi Ribka Tjiptaning ke Komisi VII, Karena Tolak Vaksin?

1. Sebelum terjun ke dunia politik, Ribka merupakan seorang dokter

Profil Ribka Tjiptaning, Anggota DPR yang Disorot karena Vaksinasi Anggota DPR dari Komisi IX, Ribka Tjiptaning Proletariyati (Tangkapan layar YouTube DPR)

Dikutip dari laman resmi DPR, Ribka Tjiptaning lahir di Yogyakarta 1 Juli 1959. Sebelum terjun ke dunia politik, dia adalah seorang dokter. 

Ribka merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia (UKI), dan melanjutkan pendidikan S2 di Universitas Indonesia konsentrasi Ahli Asuransi Kesehatan.

2. Terjun ke dunia politik setelah mengenal Puan Maharani

Profil Ribka Tjiptaning, Anggota DPR yang Disorot karena Vaksinasi IDN/sidratul muntaha

Ribka mengawali kariernya dengan membuka praktik di kawasan Ciledug, Tangerang. Dia mulai terjun ke dunia politik saat mengenal Puan Maharani. Saat itu, Ribka sempat bekerja di perusahaan milik Puan sebagai dokter praktik hingga akhirnya bergabung dengan PDI Perjuangan. 

Dia pun menjadi anggota DPR dua periode berturut-turut, yakni pada periode 2005-2009 dan 2019-2024. Karena keahliannya di bidang kesehatan, Ribka ditempatkan di Komisi IX yang menangani masalah-masalah di bidang tenaga kerja dan transmigrasi, kependudukan, dan kesehatan.

3. Setelah bergabung dengan PDIP, Ribka menempati sejumlah posisi strategis di partainya

Profil Ribka Tjiptaning, Anggota DPR yang Disorot karena Vaksinasi IDN/sidratul muntaha

Karier politik Ribka bisa dibilang moncer. Dia dipercaya oleh PDIP untuk menempati sejumlah posisi strategis di struktur partai berlambang banteng moncong putih tersebut. Di antaranya, ketua DPC PDIP Tangerang 1996-2000, Wakil Ketua DPD PDIP Jawa Barat 2000-2005.

Sedangkan di struktur DPP, Ribka pernah menjabat sebagai ketua DPP PDIP bidang kesehatan dan tenaga kerja 2010-2015, ketua DPP PDIP bidang Sosial dan Penanggulangan Bencana 2015-2019, ketua DPP PDIP bidang Penanggulangan Bencana 2019-2024.

Baca Juga: Tolak Vaksinasi, Ribka Tjiptaning Dinilai Blunder dan Bahayakan Publik

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya