Comscore Tracker

Jokowi Minta UMKM Antisipasi Revolusi Industri 4.0

Agar Indonesia tidak tertinggal

Surabaya, IDN Times - Saat meresmikan peraturan pemerintah nomor 46 tahun 2013 di Jatim Expo International, Presiden Joko Widodo menjelaskan pentingnya mengantisipasi revolusi industri 4.0 kepada ribuan pelaku UMKM, Jumat (22/6). Ia menginginkan para pelaku usaha dapat dengan cepat melakukan penyesuaian terharap perubahan era ini.

Revolusi industri sendiri merupakan perubahan terbaru dunia indutsri. Pada revolusi ini, industri akan lebih banyak bertumpu pada dunia digital. Pemerintah sendiri telah meluncurkan road map revolusi industri 4.0 ini.

1. Dari robot penyapu lantai hingga print 3D

Jokowi Minta UMKM Antisipasi Revolusi Industri 4.0IDN Times/Fitria Madia

Dalam pesannya, Jokowi memberikan contoh perkembangan industri dengan teknologi robot penyapu lantai yang telah dimiliki oleh bandara Changi, Singapura. Ia juga menggambarkan kecanggihan teknologi pembangunan rumah menggunakan print 3 dimensi. "Dulu bangun rumah butuh waktu berbulan-bulan. Sekarang cuma 24 jam sudah selesai. Ini yg harus kita sadari perubahan cepat sekali terjadi," ujarnya.

2. Antisipasi tercepat dilakukan oleh dunia usaha

Jokowi Minta UMKM Antisipasi Revolusi Industri 4.0https://www.instagram.com/jokowi

Jokowi menyatakan bahwa antisipasi tercepat terhadap revolusi industri 4.0 yaitu dalam dunia usaha. Antisipasi dapat dilakukan melalui transaksi jual beli daring. "Oleh sebab itu saya ingin ingatkan. Tolong kita semua memahami, mengerti, mengantisipasi dan ikut berubah," pesannya.

Ia juga menyadarkan perubahan yang terjadi dalam metode pembayaran. "Orang jaman sekarang gak bayar pake cash/kredit card. Sekarang gadget kita bisa bayar dimana-mana," ujarnya. Ia memberikan contoh transaksi pembayaran di Tiongkok yang menggunakan aplikasi. Jokowi berharap dunia usaha di Indonesia dapat berkembang menggunakan transaksi pembayaran melalui dawai seperti ini.

3. Perkembangan juga terjadi di dunia kuliner

Jokowi Minta UMKM Antisipasi Revolusi Industri 4.0Unsplash/Le Buzz

Selain itu, Jokowi juga menjelaskan pesatnya perkembangan yang terjadi di dunia kuliner. Ayah dari Kaesang yang juga merupakan pengusaha kuliner ini memberikan contoh kemudahan memesan makanan melalui aplikasi ojek online. "Saya sendiri sekarang pesan sate gak usah ke warung sate. Dengan aplikasi ojek online, saya minta sate dibelikan sate. Setengah jam sudah datang. Mau beli gado-gado juga gitu," tuturnya. "Begitu cepat dan murah. Saya titip bapak ibu sekalian melakukan perubahan seperti ini. Kalau tidak kita kejar ya negara kita akan tertinggal," tutupnya.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You