Anak-anak Masih Ramai Ikut Car Free Day, Apakah akan Kena Sanksi?

Peserta CFD di Jakarta didominasi pesepeda

Jakarta, IDN Times - Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta Arifin mengungkapkan, pihaknya masih menemukan anak-anak di bawah umur sembilan tahun beraktivitas di kawasan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) Jakarta.

Padahal, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mengingatkan bagi ibu hamil dan anak-anak dilarang beraktivitas di CFD di tengah pandemik COVID-19 atau virus corona.

"Nanti kita akan evaluasi terkait ketentuan mengenai balita, lansia, ibu hamil," kata Arifin kepada wartawan di lokasi, Jakarta Pusat, Minggu (21/6).

1. Pemprov DKI Jakarta akan lakukan evaluasi

Anak-anak Masih Ramai Ikut Car Free Day, Apakah akan Kena Sanksi?IDN Times/Gregorius Aryodamar

Menurut Arifin, evaluasi akan dilakukan bersama dengan Dinas Perhubungan dan Wali Kota. Tujuannya agar protokol kesehatan di CFD tetap dilaksanakan dengan baik.

"Kan kita sudah lebarkan jalan untuk sepeda yang awalnya satu lajur jadi 3 lajur. Nah ini bagian dari upaya kita memberikan ruang yang cukup bagi mereka pengguna sepeda," ujarnya.

Baca Juga: Berlaku Hari Ini, Ibu Hamil dan Anak-anak Dilarang Masuk Area GBK!

2. Penyelenggaraan CFD perdana di tengah pandemik berjalan baik

Anak-anak Masih Ramai Ikut Car Free Day, Apakah akan Kena Sanksi?IDN Times/Gregorius Aryodamar

Meski begitu, Arifin menilai pelaksanaan CFD di tengah pandemik COVID-19 sudah berjalan baik. Sebab, banyak warga mengikuti protokol kesehatan dan juga diawasi oleh banyak petugas yang menjaga di lapangan.

"Apresiasi buat warga yang saat ini pelaksanaan HBKB mematuhi ketentuan protokol kesehatan. Semoga ini tetap bisa kita tingkatkan untuk minggu depan," katanya.

3. Peserta CFD Jakarta didominasi pesepeda

Anak-anak Masih Ramai Ikut Car Free Day, Apakah akan Kena Sanksi?(Foto hanya ilustrasi) Suasana Car Free Day (IDN Times/Gregorius Aryodamar P.)

Wali Kota Jakarta Pusat, Bayu Megantara mengungkapkan, dalam pengamatannya peserta HBKB perdana ini berjumlah cukup banyak khususnya pesepeda.

"Kita perbesar jalur sepeda sampai dengan 2-3 jalur. Seperti yang kami lihat di lapangan, bahwa pesepeda alhamdulillah cukup banyak dan yang berjalan kaki sedikit," ujar Bayu kepada wartawan di lokasi CFD Jakarta Pusat, Minggu (21/6).

Baca Juga: CFD di Jakarta Dibuka Lagi Hari Ini, Terlarang bagi Ibu Hamil dan Anak

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya