Anies Baswedan Terima Kepres, Pengganti Sandiaga Segera Diproses

Sudah lebih dari sebulan Jakarta gak punya wakil gubernur

Jakarta, IDN Times - Teka-teki pengganti Sandiaga Uno sebagai Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta semakin benderang. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menerima surat keputusan presiden (Kepres), Senin (17/9).  

Dengan diterimanya Kepres tersebut, penentuan wagub pengganti sudah bisa masuk ke tahap berikutnya dan Anies tak lagi sendirian memimpin ibu kota.

Berikut penjelasan Anies Baswedan terkait calon pendampingnya yang baru.

1. Tinggal menunggu Partai

Anies Baswedan Terima Kepres, Pengganti Sandiaga Segera DiprosesIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Meski sudah menerima Kepres, Anies masih harus bersabar untuk menemukan pasangannya karena ada sejumlah tahapan prosedur lagi yang harus dilalui sebelum DKI Jakarta memiliki wagub yang baru. Dia berujar bahwa tahapan berikutnya adalah pembahasan dari partai-partai pengusungnya.

"Kemarin kami sudah terima surat maka proses di dalam partai sudah bisa dilakukan," jelasnya. 

2. Tanpa wagub, Anies tak terlalu terbebani

Anies Baswedan Terima Kepres, Pengganti Sandiaga Segera Diproses(Sandiaga Uno berpelukan dengan Anies Baswedan di kantor Balai Kota) www.instagram.com/@sandiuno

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu berulang kali menyatakan bahwa dirinya tak terlalu merasa kerepotan sepeninggal Sandiaga. Dia hanya kewalahan ketika undangan berbagai acara berdatangan. 

"Kalau dari pekerjaan gak ada masalah, tantangannya kalau ada acara bersamaan dan sama-sama penting. Kalau kemarin bisa berbagi agenda, sekarang tidak," ujarnya. 

Baca Juga: M Taufik Klaim Sudah Ditunjuk Jadi Pengganti Sandiaga di DKI

3. Taufik klaim jadi calon Wagub dari Gerindra

Anies Baswedan Terima Kepres, Pengganti Sandiaga Segera Diproses(Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta, M Taufik) ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Sementara itu secara terpisah, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Muhammad Taufik mengaku telah mendapat restu dari Gerindra untuk menggantikan Sandiaga. 

“Gue yang disuruh maju. Sudah benar itu, bukan seandainya lagi. Saya yang mewakili,” ujarnya.

Wah, gimana nih menurut kalian guys kalau M Taufik menggantikan Sandiaga di posisi Wagub DKI?

Baca Juga: Anies Beberkan Alasan Kenapa Belum Ada Pengganti Wakil Gubernur

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya