Anies Pastikan Biaya Pasien DBD Gratis Ditanggung Pemprov DKI

Anies meminta warga tidak cemas dengan biaya perawatan DBD

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan semua Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Jakarta memberikan perawatan gratis bagi pasien Demam Berdarah Dengue (DBD).

"Semua RSUD kita perawatannya gratis untuk kasus demam berdarah dan semuanya punya fasilitas bagus," kata Anies di RSUD Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (3/2).

1. DKI belum tetapkan KLB Demam Berdarah

Anies Pastikan Biaya Pasien DBD Gratis Ditanggung Pemprov DKIDok. Humas Pemprov DKI Jakarta

Di musim penghujan seperti saat ini, DBD tengah mewabah di sejumlah wilayah Indonesia, termasuk di Jakarta. Jumlah kasus DBD hingga hari ini tercatat sebanyak 876 kasus.

Meski demikian, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta belum menetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB).

"Nanti kita pantau perkembangannya sejauh ini belum ada," kata Anies.

Baca Juga: Sebulan Terjadi 662 Kasus DBD di DKI, Apa Langkah Anies Baswedan?

2. Jakarta Selatan paling banyak ditemukan kasus DBD

Anies Pastikan Biaya Pasien DBD Gratis Ditanggung Pemprov DKIDok. Humas Pemprov DKI Jakarta

Anies mengatakan, wilayah Jakarta Selatan, sebagai daerah yang paling banyak ditemukan kasus DBD, juga memiliki RSUD dengan fasilitas yang mumpuni. Salah satunya RSUD Pasar Minggu yang dikunjunginya hari ini.

"Datang ke RSUD manapun kondisinya baik. Dan umumnya sekarang itu kejadian di selatan. Jadi datang saja ke salah satu RS kita," kata Anies.

Ia menambahkan pasien DBD di RSUD Pasar Minggu merupakan salah satu yang terbanyak, yakni 49 pasien DBD yang dirawat.

3. Anies kerahkan petugas jumantik pantau lapangan

Anies Pastikan Biaya Pasien DBD Gratis Ditanggung Pemprov DKIDok. Humas Pemprov DKI Jakarta

Upaya lain yang dilakukan Anies untuk menekan jumlah pasien DBD adalah mendorong Juru Pemantau Jentik (Jumantik) untuk terus memeriksa ke lapangan. Ia juga memerintahkan petugas dari kelurahan, RT dan RW di lima wilayah Jakarta untuk turun ke lapangan memeriksa lingkungan agar bersih dari jentik-jentik nyamuk demam berdarah.

"Periksa lingkungan di sekitar kita. Pastikan tidak ada air menggenang, pastikan tidak ada jentik-jentik yang tumbuh dan izinkan petugas-petugas jumantik untuk menjalankan tugasnya memeriksa semua wikalah termasuk dalam rumah-rumah kita," ujarnya.

4. Jangan anggap enteng gejala DBD

Anies Pastikan Biaya Pasien DBD Gratis Ditanggung Pemprov DKIANTARA FOTO/Reno Esnir

Anies mengimbau kepada warga yang merasakan tanda-tanda seperti demam berdarah agar tidak menganggap enteng, langsung datangi Puskesmas atau periksakan diri ke tenaga medis, jangan sampai ditunda.

"Barusan tadi saya datang ke IGD, ada salah satu contoh bahwa anak-anak yang mengalami gejala seperti demam berdarah, tidak langsung ditangani sampai terjadi berpotensi berkepanjangan. Ini hanya bisa dilakukan kalau orangtua, saudara, tetangga yang tanda-tandanya seperti demam berdarah untuk periksa," katanya.

Dia juga meminta masyarakat untuk tidak mengkhawatirkan masalah biaya medis. "Seluruh pembiayaan di-cover oleh pemerintah. Jangan khawatir. Untuk kasus demam berdarah sejak dulu kita selalu cover. Sekarang pun sama. Jadi perawatan dan lain-lain akan dapat secara gratis," tegasnya.

Baca Juga: Kasus DBD di Jakarta Sentuh Angka 876, Anies Belum Tetapkan KLB

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya