Comscore Tracker

Begini Persiapan KPK Jelang Presidensi G20 Indonesia

Forum G20 dislenggarakan pada Oktober 2022

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri menyelenggarakan pelatihan Conference Officer G20 Anti-Corruption Working Group 2022. Pelatihan ini sebagai salah satu langkah persiapan KPK selaku focalpoint isu antikorupsi yang akan memimpin pelaksanaan forum G20 Anti-Corruption Working Group (ACWG).

“Forum G20 ACWG sangat penting dan memiliki skala yang besar, baik di tingkat nasional maupun internasional. Oleh karenanya KPK harus segera bergegas dan mempersiapkan kebutuhan teknis maupun substansialnya secara matang,” kata Plt. Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK Wawan Wardiana dalam keterangan tertulis yang dikutip pada Rabu (9/2/2022).

1. Forum G20 ACWG digelar sampai 9 Februari 2022

Begini Persiapan KPK Jelang Presidensi G20 IndonesiaGedung Merah Putih KPK dijaga oleh Polisi. (IDN Times/Aryodamar)

Dia menambahkan, forum ini bisa memberikan manfaat dan dampak nyata bagi perbaikan upaya-upaya pemberantasan korupsi pada skala nasional maupun global.

Pembekalan kompetensi yang digelar selama 3 hari pada 7-9 Februari 2022 tersebut diikuti oleh 35 peserta secara hybrid. Peserta berasal dari berbagai unit di KPK yang nantinya ditugaskan dalam kepanitiaan penyelenggaraan forum G20 ACWG.

Baca Juga: KSP Minta ASN Jadi Komunikator soal Presidensi G20 Indonesia

2. Jokowi bawa tiga isu prioritas dalam Presidensi G20

Begini Persiapan KPK Jelang Presidensi G20 IndonesiaPresiden Joko "Jokowi" Widodo dalam Pengukuhan Majelis Pengurus Pusat ICMI dan Pembukaan Rakernas ICMI 2022 (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Diketahui, ada tiga isu prioritas yang akan dibawa Indonesia sebagai Presidensi G20. Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengungkapkan bahwa prioritas pertama adalah menata kembali arsitektur global agar lebih inklusif dan tanggap terhadap krisis.

Kedua, adalah optimalisasi teknologi digital untuk transformasi ekonomi. Terakhir, Jokowi pmemprioritaskan transisi energi yang lebih ramah lingkungan.

"Tiga prioritas tersebut merupakan kesempatan dan peluang investasi yang perlu kita manfaatkan secara optimal. Presidensi G20 Indonesia harus memberikan dampak konkret bagi pemulihan dan pertumbuhan ekonomi nasional. Manfaatnya juga harus dirasakan bagi masyarakat luas,” terang Jokowi.

“Kita ingin manfaatkan kerja sama G20 untuk meningkatkan perdagangan, meningkatkan indutrilisasi, meningkatkan penguasaan teknologi di Indonesia dan dunia,” dia menambahkan.

3. Sri Mulyani sebut G20 juga bermanfaat bagi anak muda

Begini Persiapan KPK Jelang Presidensi G20 IndonesiaMenteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Dalam wawancara khusus dengan IDN Times, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa Presidensi G20 Indonesia juga bermanfaat bagi anak-anak muda. Sri mengatakan setidaknya ada tiga manfaat dalam forum yang digelar Oktober 2022.

Manfaat yang pertama adalah anak-anak muda di Indonesia tak akan tertinggal mendapatkan vaksinas COVID-19. Kedua, ekonomi digital yang banyak digandrungi anak muda akan dibahas dalam Presidensi G20. Terakhir,  G20 akan membahas mengenai perubahan iklim yang kerap menjadi perhatian generasi.

Baca Juga: Ini 3 Tema Ekonomi Digital yang Diusung di G20 Presidensi Indonesia

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya