Buka-Bukaan Kepala Bea Cukai Makassar Usai Ditelanjangi Publik

Kekayaan Andhi Pramono ikut diviralkan seperti Rafael Alun

Jakarta, IDN Times - Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono akhirnya buka-bukaan pada publik usai kekayaan dan kehidupannya ditelanjangi publik hingga viral di media sosial. Hal itu ia lakukan usai memberikan klarifikasi LHKPN-nya pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Andhi tiba di KPK sekitar pukul 09.15 WIB didampingi dua orang. Selama 7 jam, ia berada di Gedung Merah Putih KPK untuk mengklarifikasi seluruh kekayaannya.

Usai diperiksa, Andhi mengaku bersyukur bisa mengklarifikasi kekayaannya pada KPK. Sebab, berita yang beredar selama ini membuatnya tertekan.

"Adanya klarifikasi dari KPK menjadi terang benderang semua," ujarnya di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2023).

Ia meminta maaf pada publik karena baru memberi klarifikasi saat ini setelah viral beberapa waktu lalu. Menurutnya, hal itu adalah arahan pimpinan.

"Saya mohon maaf baru sekarang (klarifikasi), karena perintah pimpinan dari saya bisa klarifikasi setalah saya diperiksa KPK dan juga Itjen Kemenkeu," ujarnya.

Baca Juga: Datang ke KPK, Andhi Pramono Pakai Cincin Blue Saphire

1. Andhi klaim selalu taat lapor harta ke KPK

Buka-Bukaan Kepala Bea Cukai Makassar Usai Ditelanjangi PublikKepala Bea Cukai Makasar Andhi Pramono telah selesai menjalani pemeriksaan di KPK pada Selasa (14/3/2023). (IDN Times/Aryodamar)

Andhi mengaku, sebagai sosok yang selalu taat melaporkan kekayaannya pada KPK setiap tahun. Ia membantah ada hal yang tidak dilaporkannya pada KPK.

"Saya telah lengkap menyampaikan dan telah diklarifikasi secara kooperatif dan profesional, dan saya telah melaporkan LHKPN secara lengkap dan tepat waktu setiap tahun,” ujarnya.

2. Andhi Pramono klaim rumah mewah di Cibubur milik orang tua

Buka-Bukaan Kepala Bea Cukai Makassar Usai Ditelanjangi PublikAndhi Pramono, Kepala Bea Cukai Makassar tiba di KPK untuk jalani pemeriksaan pada Selasa (14/3/2023). (IDN Times/Aryodamar)

Andhi membantah telah secara sengaja memaerkan kekayaan di media sosial. Menurutnya, foto dan video yang beredar di media sosial sengaja diviralkan orang lain.

"Tidak ada yang berbentuk pamer dan lain sebagainya sehingga dicari-cari yang lain,” ujarnya.

Salah satu video dan foto yang viral di media sosial adalah mengenai rumah di kawasan Cibubur, Jakarta Timur, yang disebut milik Andhi Pramono. Ia membantah rumah mewah itu miliknya.

"Mengenai rumah yang itu bukan dari hasil foto saya, tapi memang sengaja diambil media. Itu adalah rumah yang ditempati orang tua saya sudah lama dan belum diberikan waris kepada saya,” ujar Andhi.

"Sehingga saya berada di situ menjaga orang tua saya,” sambungnya

3. Andhi bantah punya cincin mewah, sebut itu pemberian kiai

Buka-Bukaan Kepala Bea Cukai Makassar Usai Ditelanjangi PublikKepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono terlihat memakai cincin yang disebut blue saphire. (IDN Times/Aryodamar)

Selain itu, publik di media sosial sempat menyoroti cincin blue saphire yang ia pakai. Pada saat pemeriksaan di KPK, ia terlihat masih memakai cincin tersebut.

Usai diperiksa, Andhi membantah membeli cincin mahal tersebut. Ia mengaku diberi cincin oleh seorang kiai.

Namun, Andhi tidak menyebutkan siapa sosok yang dimaksud. Ia hanya beberapa kali menunjukkan cicin itu masih tersematkan di jari tengah tangan kirinya.

"(Ini) Cincin dari kiai saya," ujarnya.

4. Andhi Pramono mengecam publik yang viralkan anaknya

Buka-Bukaan Kepala Bea Cukai Makassar Usai Ditelanjangi PublikAndhi Pramono, Kepala Bea Cukai Makassar tiba di KPK untuk jalani pemeriksaan pada Selasa (14/3/2023). (IDN Times/Aryodamar)

Andhi juga mengatakan bahwa anaknya ikut disorot karena publik tidak menemukan foto atau videonya yang menjurus pada pamer kekayaan. Ia menilai, tindakan anaknya di media sosial adalah hal yang lumrah karena seorang selebgram.

"Putri saya sudah dewasa dan dia menekuni fashion dan selebgram dan apa itu lumrah dan dia bisa mengikuti kehidupannya sendiri,” ujar Andhi.

Ia mengakui sosok yang diviralkan adalah anaknya. Andhi menyebut sang anak tengah kuliah mengambil dua fakultas yang berbeda.

“Putri saya sekarang memang sedang berada di luar negeri karena sekarang sedang menjalani kuliah di Universitas Indonesia Fakultas Ekonomi double degree, yang berada di Australia,” ujarnya.

Andhi mengecam tindakan publik pada anaknya. Sebab, menurutnya kabar yang tidak terkonfirmasi itu adalah fitnah yang keji.

“Awas para pemfitnah dan pemberi berita yang tendensius tanpa klarifikasi ke saya,” ujarnya.

Baca Juga: Profil Andhi Pramono, Kepala Bea Cukai Makassar Berharta Rp13,7 Miliar

5. KPK periksa sumber kekayaan Andhi Pramono secara lengkap

Buka-Bukaan Kepala Bea Cukai Makassar Usai Ditelanjangi PublikPlt Juru Bicara KPK, Ipi Maryati (IDN Times/Aryodamar)

Plt Juru Bicara KPK bidang Pencegahan Ipi Maryati mengungkapkan, klarifikasi LHKPN adalah proses meminta keterangan kepada penyelenggara negara (PN) atau wajib lapor terhadap LHKPN yang disampaikannya kepada KPK.

“Melalui proses klarifikasi ini, KPK memastikan bahwa Penyelenggara Negara telah melaporkan hartanya secara lengkap. Selain itu, juga untuk memastikan sumber penghasilan atau penerimaan lainnya dalam pelaksanaan tugasnya sebagai Penyelenggara Negara," jelas Ipi, Selasa (14/3/2023).

Ipi menjelaskan, tim pemeriksa juga akan mengkonfirmasi kepada PN tentang LHKPN yang disampaikan berdasarkan bukti-bukti yang dimiliki, seperti dokumen kepemilikan, asal usul perolehan, termasuk data transaksi keuangan. Namun, ia tidak merinci materi pemeriksaan terhadap Andhi.

“Terkait substansi materi dan hasil klarifikasi tentu tidak dapat kami sampaikan secara rinci,” jelasnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya