Cegah Jakarta Banjir Lagi, Pemprov akan Kerja Bakti Besar Minggu Ini

Pemprov DKI akan membersihkan saluran air yang tersumbat

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah mengatakan untuk mengatasi banjir di ibu kota, Pemprov DKI akan melakukan kerja bakti pada Minggu (22/12) mendatang.

"Jadi hari Minggu besok kita mau kerja bakti besar melibatkan semua komponen kita di provinsi," kata Saefullah saat di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (18/12).

1. Tempat-tempat yang sering tergenang akan menjadi target

Cegah Jakarta Banjir Lagi, Pemprov akan Kerja Bakti Besar Minggu IniIlustrasi banjir (IDN Times/Rochmanudin)

Kegiatan itu rencananya akan menyasar tempat-tempat yang sempat tergenang banjir. Pemprov DKI juga akan mengecek dan membersihkan benda-benda yang berpotensi menghambat lubang kontrol saluran air.

"Pak gubernur juga memonitor sasarannya adalah yang menjadi genangan kenapa genangan mungkin tali airnya mungkin mulut airnya mungkin bak kontrolnya," ujar Saefullah.

Baca Juga: Keluhkan Banjir Jakarta, Twit Tsamara Amany Ramai Komen Anies vs Ahok

2. Kerja bakti sebagai salah satu upaya mencegah banjir

Cegah Jakarta Banjir Lagi, Pemprov akan Kerja Bakti Besar Minggu IniSekda DKI Jakarta Saefullah (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Menurut Saefullah, kerja bakti tu merupakan salah satu upaya pemerintah untuk bersiap menghadapi potensi banjir yang akan terjadi kedepannya.

"Kemarin kan cukup besar tuh walaupun durasinya pendek kan kita gak tahu ke depan mau ada intensitas hujan seperti apa durasinya kita juga gak tahu jadi kita antisipasi," katanya.

3. Banjir diklaim sudah surut sejak pukul 20.00 WIB

Cegah Jakarta Banjir Lagi, Pemprov akan Kerja Bakti Besar Minggu IniBanjir di depan Plaza Senayan sudah surut (IDN Times/Axel Joshua Harianja)

Mantan Wali Kota Jakarta Pusat itu mengklaim banjir di Jakarta hanya berlangsung sebentar usai petugas terkait bekerja cepat di belasan titik genangan.

"Jadi malam jam 8 juga sudah beres semua sebetulnya," katanya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Jakarta Banjir, Jokowi: Kalau Tidak Pindah Ibu Kota, Ya Akan Sulit 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya