Comscore Tracker

Deretan Fasilitas Stadion BMW, dari Masjid Terapung Hingga Wisata Air

Apa saja fasilitas 'wah' stadion standar internasional itu?

Jakarta, IDN Times - Untuk ketiga kalinya peresmian sebagai tanda mulai dibangunnya Stadion BMW atau Jakarta Internasional Stadium (JIS) yang rencananya akan digunakan untuk Persija bertanding telah dilakukan.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam pidatonya berharap stadion dengan anggaran Rp5 triliun tersebut bisa menjadi stadion level internasional.

Anies mengatakan, pembangunan JIS tak hanya untuk sepak bola saja. Ada sejumlah fasilitas dan kelebihan lain yang rencananya akan tersedia di stadion tersebut.

Apa saja? Simak daftarnya berikut ini.

1. Sediakan fasilitas masjid terapung

Deretan Fasilitas Stadion BMW, dari Masjid Terapung Hingga Wisata Air(Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Dwi Wahyu Daryoto) ANTARA News/FIanda Sjofjan Rassat

Direktur PT Jakarta Propertindo (JakPro), Dwi Wahyu Daryanto mengatakan pihaknya menyadari bahwa umumnya pertandingan sepak bola dilakukan sekitar pukul 18.30.

Baik official, pemain, maupun suporter yang beragama Islam tentunya akan terlebih dahulu menunaikan ibadah salat. Untuk itu, Jakpro akan membangun sebuah masjid terapung yang bisa digunakan siapa saja.

"Ada masjid terapung dan plaza atau pelatarannya juga kami buat saf untuk bisa melakukan salat berjamaah, karena kita tahu bahwa banyak pertandingan sepak bola itu dilakukan di pukul 18.30 hingga pukul 19.00 yang mana itu jam salat magrib, orang harus salat dulu sebelumnya," ujar Dwi selepas acara, Kamis (14/3).

Baca Juga: Mulai Dibangun Maret 2019, Ini Fasilitas 'Wah' di Stadion Persija

2. Wisata air dan jogging track

Deretan Fasilitas Stadion BMW, dari Masjid Terapung Hingga Wisata AirIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Tak hanya lapangan bola, di lingkungan stadion terdapat fasilitas jogging track dan wisata air yang dapat digunakan masyarakat umum.

"Di sisi timur kami akan gabungkan wisata air dari danau sunter kemudian kami bikin sekelilingnya menjadi jogging track yang menjadi fasilitas publik," jelas Dwi.

3. Terintegrasi MRT

Deretan Fasilitas Stadion BMW, dari Masjid Terapung Hingga Wisata AirIDN Times/Ashari Arief

Anies mengatakan bahwa JIS akan terintegrasi MRT. Harapannya, masyarakat yang ingin ke kawasan JIS bisa menggunakan kendaraan umum.

"Salah satu sebab mengapa kami meneruskan pembangunan di lokasi ini karena nanti akan ada stasiun MRT yang lokasinya persis di sebelah utara kita," kata Anies.

4. Anggarannya menyentuh Rp5 triliun

Deretan Fasilitas Stadion BMW, dari Masjid Terapung Hingga Wisata AirIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Dwi sendiri meyakini pembangunan stadion tersebut akan rampung dalam waktu tiga tahun saja. Untuk membangun stadion tersebut, anggaran yang diajukan mencapai Rp5 triliun. Namun, belum semuanya disetujui.

"Anggaran stadionnya waktu diajukan ke DPRD pertama kali APBD kemarin totalnya ada Rp5 triliun dan tahun ini sudah disetujui Rp900 miliar, itu yang akan kita mulai untuk pengerjaan awalnya," kata Dwi.

Baca Juga: Stadion BMW untuk Persija Dibangun Besok, Anggarannya Rp5 Triliun

Topic:

  • Dwifantya Aquina

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 16:15:04

Progress: 768.109 dari 813.350 TPS (94.43770%)

Just For You