Dipimpin Rumania, Konvensi Minamata ke-5 Akan Digelar di Jenewa

Indonesia siap bantu persiapan Konvensi Minamata kelima

Jakarta, IDN Times - Rumania akan memimpin jalannya Konvensi Minamata, menggantikan Indonesia. Berbeda dengan edisi keempat di Bali, Konvensi Minamata kelima bakal kembali digelar di Jenewa, Swiss.

"COP berikutnya akan dilaksanakan pada 30 Oktober-3 November 2023 di Jenewa, Swiss di bawah pimpinan Rumania," ujar Presiden COP 4 Minamata, Rosa Vivien Ratnawati, dalam konferensi pers, Sabtu (26/3/2022).

Baca Juga: Konvensi Minamata Bali Dihadiri 103 Negara, Tak Ada Klaster COVID-19!

1. Indonesia siap bantu persiapan Konvensi Minamata kelima di Swiss

Dipimpin Rumania, Konvensi Minamata ke-5 Akan Digelar di JenewaDirjen PSLB3 Rosa Vivien Ratnawati (IDN Times/Aryodamar)

Meski tak lagi memimpin Konvensi Minamata, Rosa menegaskan, Indonesia bakal siap membantu mempersiapkan konvensi berikutnya. Menurutnya ini merupakan upaya kolektif dalam menghapus pemakaian merkuri.

"Indonesia siap terus berkontribusi aktif dalam persiapan COP-5, untuk melanjutkan upaya kolektif dalam mewujudkan Merkuri tinggal sejarah," ujarnya.

2. Negosiasi dalam Konvensi Minamata sempat alot

Dipimpin Rumania, Konvensi Minamata ke-5 Akan Digelar di JenewaPresiden COP 4 Minamata sekaligus Dirjen PSLB3 Kementerian Lingkungan Hidup, Rosa Vivien Ratnawati (IDN Times/Aryodamar)

Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Berbahaya Beracun (PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup ini mengklaim, ratusan delegasi dari 103 negara yang hadir langsung di Bali sangat puas dan antusias terhadap isu yang dibahas.

Bahkan, kata Rosa, negosiasi berjalan dinasi dan alot di beberapa isu.

"Terutama saat contact group," ujarnya.

Baca Juga: Rumania Bakal Jadi Tuan Rumah Konvensi Minamata Gantikan Indonesia

3. Penutupan Konvensi Minamata keempat berlangsung Sabtu pagi

Dipimpin Rumania, Konvensi Minamata ke-5 Akan Digelar di JenewaPresiden COP 4 Minamata sekaligus Dirjen PSLB3 Kementerian Lingkungan Hidup, Rosa Vivien Ratnawati (IDN Times/Aryodamar)

Alotnya pembahasan isu di Konvensi Minamata keempat membuat penutupan pertemuan tersebut mundur jauh dari waktu semestinya. Sesuai jadwal yang tertera, konvensi ini seharusnya ditutup pada pukul 20.00 WITA.

"Penyelenggaraan Konvensi Minamata 21-25 Maret 2022 berjalan dengan sukses dan lancar. Pertemuan secara resmi ditutup Sabtu, 26 Maret 2022, pukul 05.20 WITA," ujar Rosa.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya