DKI Diklaim Jadi Zona Hijau, DPRD Minta BUMD Tancap Gas buat Pemulihan

DPRD sebut hampir semua BUMD alami penurunan deviden

Jakarta, IDN Times - Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta, Abdul Aziz, angkat bicara mengenai klaim Jakarta sudah zona hijau yang disampaikan Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria. Menurutnya, hal ini merupakan momentum yang tepat bagi BUMD tancap gas untuk pemulihan dari dampak pandemik COVID-19.

"Kami berharap BUMD bisa melakukan inovasi dan terobosan sehingga kerugian tidak berlangsung terus menerus dan perlahan bisa dikurangi. Apalagi Jakarta sudah zona hijau, saya harap BUMD melakukan percepatan recovery," kata Aziz, Rabu (25/8/2021).

1. DPRD sebut hampir semua BUMD DKI alami penurunan deviden

DKI Diklaim Jadi Zona Hijau, DPRD Minta BUMD Tancap Gas buat PemulihanKetua Komisi B DPRD DKI Jakarta, Abdul Aziz (IDN Times/Aryodamar)

Kader PKS ini mengatakan pandemik COVID-19 sangat berdampak pada penurunan deviden mayoritas BUMD DKI Jakarta. Meski demikian, Aziz mengatakan PT Jakarta Tourisindo (Jaktour) menjadi salah satu yang mendapat keuntungan.

Aziz menilai hal itu terjadi karena hotel-hotel yang dikelola Jaktour mendapat tugas dari Gubernur DKI Anies Baswedan menjadi tempat isolasi bagi tenaga kesehatan yang berjuang menangani pandemik COVID-19.

"Fasilitas Jaktour dipakai tenaga medis seperti hotel terisi hampir full karena dipakai tenaga kesehatan," ujarnya.

Baca Juga: Kabar Baik! Jakarta Sudah Zona Hijau, Zona Merah Hanya di 3 RT Ini 

2. Jaktour benarkan raih laba karena jadi tempat tinggal tenaga kesehatan

DKI Diklaim Jadi Zona Hijau, DPRD Minta BUMD Tancap Gas buat PemulihanDokumentasi 2020 - Tim Medis yang Tangani Virus Corona Menginap di Hotel Grand Cempaka. (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Dalam laporan tertulisnya, PT Jakarta Tourisindo tercatat meraih keuntungan sebesar Rp2,7 miliar dalam laporan keuangan 2020. Direktur Utama PT Jaktour Novita Dewi menerangkan keuntungan itu berasal dari tingkat okupansi hotel yang terisi penuh oleh tenaga kesehatan COVID-19 serta proses efisiensi yang dilakukan dalam sektor biaya tenaga kerja secara bertahap di 2020.

"Setelah empat tahun mengalami kerugian berturut-turut, akhirnya Jaktour tahun 2020 mengalami keuntungan sebesar laba Rp2,71 miliar,” kata Novita melalui keterangan tertulis.

3. Wagub klaim DKI zona hijau dan sudah herd immunity

DKI Diklaim Jadi Zona Hijau, DPRD Minta BUMD Tancap Gas buat PemulihanWakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Sebelumnya, Wagub DKI Riza Patria menyebut kondisi pandemik COVID-19 di Jakarta mulai membaik. Bahkan, ia berani menyebut Ibu Kota sudah masuk zona hijau dan telah tercapai herd immunity atau kekebalan kelompok.

"Alhamdulillah Jakarta sudah masuk zona hijau dan sudah memenuhi herd immunity. Namun demikian, kami minta semua warga disiplin patuh dan taat protokol kesehatan,” kata Riza di Jakarta, Minggu (22/8/2021).

Tak hanya itu,  Presiden Joko "Jokowi" Widodo juga menurunkan level PPKM di Jakarta. Setelah berminggu-minggu berada di level 4, kini Jakarta menjadi salah satu daerah yang sudah berada di PPKM Level 3.

Baca Juga: Jakarta PPKM Level 3, Ganjil Genap Berlaku Hanya di 3 Titik

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya