Comscore Tracker

DPRD DKI Jakarta Segera Bentuk Pansus Banjir untuk Bantu Anies 

Zita Anjani menilai pembentukan Pansus Banjir sangat penting

Jakarta, IDN Times - DPRD DKI Jakarta akhirnya segera membentuk Pantia Khusus (Pansus) banjir. Tujuannya, agar dapat membantu Pemprov DKI Jakarta mengatasi masalah banjir di ibu kota.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani mengatakan, setelah disepakati surat pembentukan Pansus itu akan diserahkan kepada Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi untuk disahkan.

"Mekanismenya anggota DPRD itu bersurat ke pimpinan, lalu nanti disahkan," kata Zita di ruang kerjanya di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Senin (24/2).

Baca Juga: Kunjungi Korban Banjir, DPRD DKI Temukan Penyebab Banjir Jakarta

1. Anggota pansus berisi perwakilan tiap fraksi

DPRD DKI Jakarta Segera Bentuk Pansus Banjir untuk Bantu Anies Rapat paripurna DPRD DKI Jakarta (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Zita menjelaskan, nantinya setiap fraksi diminta mengirimkan anggotanya masuk sebagai anggota pansus. Ia pun menyarankan kepada setiap fraksi untuk mengirimkan perwakilan yang paham masalah banjir.

"Sesuai tata tertib ada hitungannya, fraksi-fraksi itu biasanya yang besar bisa lima orang, yang kecil bisa satu, yang middle bisa dua atau tiga orang," jelasnya.

2. Keberadaan pansus banjir dinilai penting

DPRD DKI Jakarta Segera Bentuk Pansus Banjir untuk Bantu Anies Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Politikus Partai Amanat Nasional ini menilai pembentukan Pansus Banjir sangat penting, mengingat banjir sering terjadi sejak Desember 2019. Selain itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memprediksi Jakarta diguyur hujan hingga Maret 2020.

"Semua anggota lintas fraksi sepakat Pansus Banjir. Karena kan dari bulan Desember ini banjir sudah terjadi berulang-ulang. Di Jakarta sekarang hujan 1 jam saja sudah naik 30-40cm," kata Zita.

3. Banjir harus ditangani intensif

DPRD DKI Jakarta Segera Bentuk Pansus Banjir untuk Bantu Anies (Dok. BNPB)

Zita berpendapat, menangani masalah banjir di ibu kota harus dilakukan dengan intensif. Sebab, masalah banjir sudah sering terjadi di Jakarta.

"Ya kan enak kalau ada Pansus Banjir itu, jadi memang ada anggota khusus yang fokus membahas dan mencari solusi tentang permasalahan banjir," ungkapnya. 

Baca Juga: 66 Tahun Hidup di Jakarta, Nenek Ini Baru Rasakan Banjir Sekarang 

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya