Firli Bahuri Sebut Tak Ada Lagi Jumat Keramat di KPK, Kenapa?

Firli tak mau KPK disebut menarget orang

Bandung, IDN Times - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan pihaknya sudah meninggalkan istilah "Jumat Keramat". Istilah tersebut tercipta setelah KPK sering mengumumkan tersangka setiap Jumat.

"Jumat keramat tidak ada, yang ada setiap hari itu keramat," Kata Firli di Lapas Kelas 1 Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Rabu (31/3/2021).

Baca Juga: Napi Koruptor di LP Sukamiskin dan Tangerang Bakal Didatangi KPK

1. Firli tak mau KPK disebut menarget orang

Firli Bahuri Sebut Tak Ada Lagi Jumat Keramat di KPK, Kenapa?Ketua KPK, Firli Bahuri (Dok. Humas KPK)

Firli beralasan, ia tak mau KPK disebut menargetkan orang untuk ditersangkakan setiap Jumat. Karena itu, ia menyebut setiap hari adalah kiamat bagi koruptor.

"Kami tidak ingin dikatakan kami menarget seseorang. Pokoknya hari Jumat harus ada pengumuman tersangka, kami tidak," ujar dia.

2. KPK perlu kumpulkan alat bukti dengan penyelidikan dan penyidikan

Firli Bahuri Sebut Tak Ada Lagi Jumat Keramat di KPK, Kenapa?Ketua KPK, Firli Bahuri (Dok. Humas KPK)

Firli mengatakan, pada masa kepemimpinannya, KPK baru menetapkan seseorang sebagai tersangka ketika alat bukti cukup. Untuk mencari bukti, lembaga antirasuah perlu melakukan penyelidikan dan penyidikan.

"Dengan itu kita berharap ada terangnya perkara pidana korupsi. Setelah terang baru ketemu, oh ada orangnya, baru kita umumkan," kata dia.

3. Firli tak ingin keluarga dan kerabat menanggung hukuman juga

Firli Bahuri Sebut Tak Ada Lagi Jumat Keramat di KPK, Kenapa?Ketua KPK Firli Bahuri dan Ditjen PAS Reynhard Silitonga (IDN Times/Aryodamar)

Menurut anggota Polri itu, pengumuman status tersangka juga bisa berdampak pada keluarga dan kerabat. Ia tak ingin mereka ikut menerima hukuman akibat hukuman karena ada kerabat atau keluarganya jadi tersangka.

"Kalau seseorang kita umumkan tersangka korupsi, setidaknya anak, istri, orang tua, handai taulan, keponakan itu juga ikut terpenjara, juga ikut menerima hukuman. Itu kita tidak ingin," jelas Firli.

Baca Juga: Setahun Dipimpin Firli Bahuri, ICW Soroti Kinerja KPK Menangkap Buron

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya