Comscore Tracker

Gereja Katedral Jakarta Mulai Gelar Misa, Ini Protokol Kesehatannya

Patuhi protokol kesehatannya ya

Jakarta, IDN Times - Gereja Katedral Jakarta akhirnya kembali menggelar ibadat misa pada Minggu (12/7/2020). Namun, akibat pandemik COVID-19 atau virus corona di Indonesia belum mereda, pelaksanaannya harus dengan protokol kesehatan sesuai ketentuan Gugus Tugas.

Pada tahap awal, Gereja Katedral Jakarta akan melaksanakan misa mingguan pada pukul 09.00 WIB dan harian 18.00 WIB.

1. Jemaat yang boleh misa di Gereja Katedral hanya berusia 18-59 tahun

Gereja Katedral Jakarta Mulai Gelar Misa, Ini Protokol KesehatannyaGereja Katedral Jakarta (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Pastor Kepala Gereja Katedral Jakarta Romo A Hani mengatakan, misa di Katedral untuk sementara waktu hanya dibatasi bagi jemaat yang berusia 18-59 tahun. Selain itu, umat juga harus sehat dan terdaftar melalui ketua lingkungan.

"Jemaat luar dipersilakan mengikuti misa di gereja masing-masing," ujar Romo Hani melalui keterangan tertulis pada 11 Juli 2020.

Baca Juga: Pemerintah Bangun Terowongan Istiqlal-Katedral, Ini Penjelasan Menag

2. Hanya 290 jemaat yang diizinkan misa di Gereja Katedral

Gereja Katedral Jakarta Mulai Gelar Misa, Ini Protokol KesehatannyaGereja Katedral Jakarta (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Jumlah jemaat yang diperkenankan misa di Katedral pun terbatas. Di dalam gedung gereja hanya untuk 187 jemaat, di Plaza Maria 80 jemaat, Plaza Sumpah Pemuda 23 jemaat, petugas liturgi dan non-liturgi 19 jemaat. Sehingga maksimal hanya 290 jemaat yang boleh berada di lingkungan gereja.

"Mengikuti ketentuan 20 persen atau kurang dari kapasitas biasa," ujar Romo Hani.

3. Suhu tubuh jemaat tak boleh lebih dari 37.5 derajat

Gereja Katedral Jakarta Mulai Gelar Misa, Ini Protokol KesehatannyaPengecekan suhu tubuh bagi setiap pengunjung di DTW Ulun Danu Beratan (Dok.IDN Times/Istimewa)

Setiap jemaat yang hendak masuk ke lingkungan gereja pun harus mengikuti sejumlah protokol kesehatan seperti menggunakan masker, jaga jarak, mencuci tangan pada air mengalir. Gereja Katedral juga telah menyediakan 10 fasilitas cuci tangan yang bisa digunakan jemaat sebelum dan sesudah ke gereja.

Selain itu, pengurus Gereja Katedral juga akan mengecek suhu tubuh setiap jemaat yang hendak masuk ke lingkungan gereja.

"Batas maksimal suhu tubuh yang diizinkan masuk kompleks gereja dan mengikuti misa adalah 37.5 Derajat Celcius," kata Romo Hani.

Baca Juga: Pemprov DKI Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Istiqlal dan Katedral

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya