Imigrasi: Belum Ada Permintaan Pencegahan Yasin Limpo ke Luar Negeri

Yasin Limpo tinggalkan Indonesia sejak 25 September 2023

Jakarta, IDN Times - Dirjen Imigrasi Silmy Karim mengungkapkan, belum ada permintaan pencegahan ke luar negeri terhadap Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Permintaan ini biasanya diajukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap pihak-pihak terkait kasus yang tengah diusut.

"Tidak ada permintaan cegah kepada Pak Mentan," ujar Silmy, Rabu (4/10/2023).

1. Yasin Limpo tinggalkan Indonesia sejak 25 September 2023

Imigrasi: Belum Ada Permintaan Pencegahan Yasin Limpo ke Luar NegeriDirjen Imigrasi Silmy Karim saat konferensi pers mengenai buronan kasus pembunuhan. (IDN Times/Aryodamar)

Silmy mengatakan bahwa Yasin Limpo tercatat meninggalkan tanah air sejak Selasa, 25 September 2023 dengan pesawat Qatar Airways. Namun, sampai saat ini politikus NasDem itu belum kembali.

"Yang saya bisa pastikan sampai saat ini belum ada di Indonesia," ujarnya.

Baca Juga: Mentan Limpo Hilang Jejak, Mahfud MD Tak Mau Buru-buru Menyimpulkan

2. Wamentan sebut hilang kontak dengan Yasin Limpo

Imigrasi: Belum Ada Permintaan Pencegahan Yasin Limpo ke Luar NegeriWamentan, Harvick Hasnul Qolbi saat meninjau ketersediaan minyak goreng di Pasar Agung, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Sebelumnya, Wamentan Hasnul Qolbi mengatakan telah hilang kontak dengan Syahrul Yasin Limpo. Politikus Partai NasDem itu seharusnya sudah kembali ke tanah air dari rangkaian perjalanan dinasnya di Eropa.

"Sampai hari ini kita harus mencari keberadaan Pak Menteri karena memang sampai detik ini kita belum ada kabar mengenai keberadaan Pak Menteri sampai hari ini," ujarnya di Istana Kepresidenan.

3. Syahrul Yasin Limpo disebut telah jadi tersangka dan rumahnya digeledah KPK

Imigrasi: Belum Ada Permintaan Pencegahan Yasin Limpo ke Luar NegeriMenteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Diketahui, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo disebut telah menjadi tersangka dalam kasus ini. Namun, KPK belum mengumumkannya secara resmi kepada publik.

"Siapa yang ditetapkan sebagai tersangka pasti pada saatnya akan KPK akan sampaikan pada masyarakat," ujar Juru Bicara KPK Ali Fikri.

Tim Penyidik KPK sebelumnya sempat menggeledah rumah dinas Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo di kawasan Kompleks Widya Candra, Jakarta. Dari penggeledahan itu, KPK membawa sejumlah dokumen yang diduga terkait perkara.

Selain itu, KPK juga menemukan 12 senjata api. Penyidik kemudian menyerahkan temuan itu ke polisi untuk diselidiki.

Baca Juga: Mentan Limpo Disebut Hilang di Eropa, Jokowi: Coba Saja Dikontak, Bisa

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya