Ini Penyebab Hujan Es di Jakarta Tadi Sore

Hujan terjadi sekitar lima menit

Jakarta, IDN Times – Terdapat fenomena tak biasa ketika hujan di Jakarta sore tadi, Kamis (22/11). Selain turun air, tiba-tiba saja kristal-kristal menyerupai es menghujani kota. 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat pun tak menampik fenomena tersebut.

BMKG mengungkapkan bahwa penyebab hujan es itu adalah pertumbuhan yang kuat. Maksudnya apa ya?

1. Butiran air membeku jadi butiran es

Ini Penyebab Hujan Es di Jakarta Tadi SorePixabay

Deputi Meteorologi BMKG Mulyono Prabowo mengungkapkan, bahwa hasil pantauan cuaca menemukan bahwa hujan es disebabkan pertumbuhan awan yang kuat, sehingga air di dalam awan membeku.

“Dari monitoring cuaca ada pertumbuhan awan yang sangat kuat, sehingga butiran air yang ada di dalam awan tak sempat mecapai puncak awan hingga membeku dan menjadi butiran es,” ujarnya seperti dilansir Kantor Berita Antara.

Baca Juga: FOTO: Tumpukan Sampah di Pintu Air Manggarai Ini Bisa Bikin Banjir

2. Hujan es biasanya disebabkan perubahan cuaca yang tiba-tiba

Ini Penyebab Hujan Es di Jakarta Tadi SoreANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Hujan es biasanya disebabkan oleh perubahan cuaca ekstrem yang tiba-tiba terjadi. Hal tersebut yang terjadi di Jakarta, pagi hingga siang cuaca cerah, namun terjadi pertumbuhan awan yang intens pada pukul 13.00-14.00 WIB.

Setelah itu terjadi pertumbuhan awan comulunimbus pada pukul 15.00 WIB sebelum terjadi hujan disertai angin yang kuat. Hujan tersebut hanya dipengaruhi oleh pertumbuhan awan bersifat lokal di Jakarta Pusat.

“Sebaran awan kalau kita lihat dari Jakarta Selatan dan Pusat, memang agak memanjang terlihat merah pertumbuhan awannya kemungkinan potensi es di sepanjang itu yang kita lihat sekitar jalan Sudirman dan Thamrin,” tambahnya.

3. Hujan es berlangsuung lima menit

Ini Penyebab Hujan Es di Jakarta Tadi SorePixabay.com/Free-Photos

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta menyebut dalam akun media sosialnya mengungkapkan bahwa hujan es yang terjadi di kawasan Sudirman-Thamrin berlangsung selama lima menit. Menurut BPBD hujan es tersebut dimulai pada pukul 15.20 WIB.

4. Hujan menyebabkan pohon tumbang dan perjalanan KRL terganggu

Ini Penyebab Hujan Es di Jakarta Tadi Sorewww.krl.co.id

Hujan deras yang mengguyur di Jakarta dan sekitarnya berdampak pada sejumlah hal. Di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat terdapat pohon tumbang ke jalan. Peristiwa tersebut juga terjadi di kawasan Jakarta Selatan. Pohon tersebut menimpa sejumlah kendaraan yang berada di bawahnya.

Hal ini membuat sejumlah perjalanan KRL terganggu. 

Baca Juga: Bocah Tenggelam di Banjir Kanal Barat Ditemukan Meninggal

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya