Jokowi Gak Ngerti Apa yang Akan Dibahas saat Temui Syahrul Yasin Limpo

Jokowi dan Syahrul Yasin Limpo akan bertemu malam ini

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo rencananya akan bertemu dengan  Syahrul Yasin Limpo yang telah mengajukan pengunduran diri sebagai Menteri Pertanian. Namun, Jokowi tak tahu akan membahas apa dengan politikus Partai NasDem itu.

“Ya gak ngerti, ketemu saja belum,” ujar Jokowi di Subang, Jawa Barat, Minggu (8/10/2023).

Baca Juga: Jokowi Tegaskan akan Bertemu Syahrul Yasin Limpo Besok Malam

1. Jokowi tunjuk Kepala Badan Pangan Arief Prasetyo jadi Plt Mentan

Jokowi Gak Ngerti Apa yang Akan Dibahas saat Temui Syahrul Yasin LimpoKepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Jokowi juga belum memikirkan siapa sosok yang akan menggantikan Syahrul secara definitif. Untuk sementara kekosongan jabatan akan diisi Arief Prasetyo sebagai pelaksana tugas.

“Sudah dihandle oleh Pak Arief,” ujarnya.

2. Jokowi dan Syahrul Yasin Limpo akan bertemu malam ini

Jokowi Gak Ngerti Apa yang Akan Dibahas saat Temui Syahrul Yasin LimpoMenteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. (Dok. Istimewa)

Sebelumnya, Jokowi mengungkapkan akan bertemu dengan Syahrul Yasin Limpo hari ini. Rencananya pertemuan berlangsung pada Minggu (8/10/2023) malam di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

“Iya, diatur oleh Mensesneg,” ujar Jokowi.

Syahrul Yasin Limpo telah menyampaikan surat permohonan bertemu dengan Presiden Jokowi sebelum dia memutuskan mundur dari kabinet pada Kamis (5/10/2023). SYL menyampaikan surat tersebut kepada Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno pada Rabu (4/10/2023) malam. 

Pratikno sempat mengatakan pertemuan itu akan dijadwalkan pada Jumat, atau sehari setelah pengunduran diri Syahrul Yasin Limpo. Namun, pertemuan itu belum terjadi hingga kemarin.

3. Syahrul Yasin Limpo mundur, sisa satu kader NasDem di kabinet Jokowi

Jokowi Gak Ngerti Apa yang Akan Dibahas saat Temui Syahrul Yasin LimpoMenteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar di Cop 4.2 (IDN Times/Aryodamar)

Syahrul Yasin Limpo mundur usai ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Namun, status tersangka ini belum diumumkan secara resmi pada publik.

Syahrul telah berpamitan pada rekan kerja dan pegawai di Kementerian Pertanian. Ia juga sudah menghadap Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

Awalnya, NasDem punya tiga kader di kabinet. Namun, kini hanya tersisa Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar. Sebelum Syahrul Yasin Limpo, Johnny G Plate lebih dulu mindur dari kursi Menteri Kominfo karena tersandung dugaan korupsi.

Baca Juga: Imbas Mentan Syahrul Yasin Limpo Mundur, Jokowi Akan Reshuffle Kabinet

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya