Kecewa Masalah Kedaulatan Ditertawakan, Sandiaga: Ini Sangat Serius

Audiens malah tertawa saat Prabowo memberi pemaparan

Jakarta, IDN Times - Sejumlah pihak mempersoalkan sikap emosional Calon Presiden, Prabowo Subianto saat berada di atas panggung Debat Pilpres Keempat di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, tadi malam. Namun, menurut Calon Wakil Presiden, Sandiaga Salahuddin Uno, nada bicara Prabowo meninggi karena saat berbicara terkait masalah pertahanan yang merupakan masalah serius, oleh audiens malah ditertawakan.

"Hal ini (pertahanan) adalah sesuatu yang serius. Dan pak Jokowi ini sendiri tidak ketawa karena ini dianggap sangat serius, tapi banyak dari audiens ketawa," kata Sandiaga usai acara nonton bareng debat capres di Rumah Siap Kerja di Jakarta Selatan, Sabtu (30/3) malam, seperti dikutip dari Antara.

Apa catatan Sandiaga dalam debat capres putaran keempat ini?

1. Masalah kehormatan bangsa jangan ditertawakan

Kecewa Masalah Kedaulatan Ditertawakan, Sandiaga: Ini Sangat SeriusANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Menurut Sandiaga, catatan utama yang ingin disampaikan ke masyarakat bahwa masalah kedaulatan, masalah kehormatan bangsa dan masalah kedigdayaan bangsa.

"Kita itu harus pertahankan, harus disegani, harus dihormati. Kalau nggak dihormati dan disegani, kita ditertawakan. Ini hal yang serius," kata Sandiaga.

Namun, Sandi menyayangkan pada saat debat capres semalam, saat Prabowo bicara soal pertahanan negara malah banyak dari audiens yang tertawa.

Baca Juga: Kata 'Perintah' Paling Banyak Disebut Prabowo Selama Debat Keempat

2. KPU diminta tak terlalu banyak mengundang orang dalam debat

Kecewa Masalah Kedaulatan Ditertawakan, Sandiaga: Ini Sangat SeriusANTARA FOTO/Galih Pradipta

Terkait hal ini, Sandi mengatakan sudah beberapa kali menyampaikan agar jangan terlalu banyak mengundang orang dalam debat sehingga akhirnya malah menjadi konyol seperti semalam.

"Saya selalu bilang batasi 50 orang, (karena) ingin kekonyolan itu gak terulang lagi. Masak bangsa kita mentertawai sebuah subyek yang menurut saya sangat serius itu masalah kehormatan bangsa kita," kata Sandiaga.

3. Prabowo menegaskan kepentingan bangsa

Kecewa Masalah Kedaulatan Ditertawakan, Sandiaga: Ini Sangat SeriusANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Dia mengatakan, Prabowo bersikap tegas seperti itu justru untuk mengingatkan pada masyarakat bahwa yang disampaikan itu bukan suatu hal yang pantas untuk ditertawakan.

"Menurut saya, beliau (Prabowo) ingin sampaikan bahwa kita tidak bisa meremehkan masalah, kita dipermalukan oleh negara lain. Kita seharusnya mengambil satu sikap yang prihatin bukan malah menertawakan, bagi saya itu jelas. Dan pak Prabowo ingin mengingatkan ini bukan suatu hal yang perlu ditertawakan," katanya.

Debat capres keempat yang Prabowo dan Joko Widodo dilaksanakan Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu malam dengan mengangkat tema ideologi, pertahanan-keamanan, hubungan internasional, dan pemerintahan.

Baca Juga: Prabowo Disebut Emosi Saat Debat, BPN: Beliau Mengontrol Suasana

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya