Ketua KPK Dilaporkan ke Dewas Terkait Foto Bareng Syahrul Yasin Limpo

Firli diduga langgar kode etik karena bertemu Yasin Limpo

Jakarta, IDN Times - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri, kembali dilaporkan ke Dewan Pengawas. Kali ini, ia dilaporkan terkait beredarnya foto ia berduaan dengan eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo

"Kami dari Komite Mahasiswa Pedulu Hukum hari ini hadir di gedung KPK ingin membuat laporan pengaduan masyarakat yang kami tunjukkan kepada Dewan Pengawas KPK. Kami ingin melaporkan laporan kepada Bapak Firli Bahuri atas dugaan pelanggaran etik," ujar perwakilan Kominte Mahasiswa Peduli Hukum, Febrianes, Jumat (6/10/2023).

1. Firli diduga langgar aturan Dewan Pengawas karena temui Syahrul Yasin Limpo

Ketua KPK Dilaporkan ke Dewas Terkait Foto Bareng Syahrul Yasin LimpoKetua KPK Firli Bahuri (dok. Humas KPK)

Febrianes mengatakan, mereka melaporkan Firli atas dugaan pelanggara Peraturan Dewan Pengawas KPK nomor 3 tahun 2021. Pada pasal 4 dijelaskan bahwa setiap pegawai KPK dilarang berhubungan dengan pihak berperkara secara langsung maupun tidak langsung.

"Saat ini kan muncul informasi foto pertemuan Pimpinan KPK dengan SYL di lapangan badminton. Dari informasi media online yang bisa diakses, pertemuan itu terjadi Desember 2022," ujarnya.

Baca Juga: KPK Ajukan Larangan Syahrul Yasin Limpo ke Luar Negeri

2. Ada sejumlah bukti yang dibawa

Ketua KPK Dilaporkan ke Dewas Terkait Foto Bareng Syahrul Yasin LimpoKetua KPK, Firli Bahuri IDN Times/Aryodamar)

Ada sejumlah bukti yang dilampirkan dalam aduan. Salah satunya adalah foto Firli bersama Syahrul Yasin Limpo yang beredar belakangan ini.

"Bukti-bukti yang saya serahkan adalah screenshot foto pertemuan SYL dan Pimpinan KPK di situ ada screenshot ada dari media-media besar terpercaya saya sertakan dan lampirkan sebagai bukti," ujarnya.

3. Beredar foto Firli di lapangan bulu tangkis bareng Syahrul Yasin Limpo

Ketua KPK Dilaporkan ke Dewas Terkait Foto Bareng Syahrul Yasin LimpoKetua KPK Firli Bahuri dan Syahrul Yasin Limpo (Dok.IDN Times/Istimewa)

Sebelumnya, beredar sebuah foto yang menggambarkan pertemuan antara Firli Bahuri dengan Menteri Pertanian nonaktif Syahrul Yasin Limpo.

Dalam foto tersebut, Firli terlihat dengan pakaian olahraga, sementara Syahrul Yasin Limpo memakai kemeja dan celana jeans. Keduanya duduk di sebuah kursi panjang dan terlihat sedang mengobrol.

Baca Juga: Istri, Anak, dan Cucu Syahrul Yasin Limpo Juga Dicekal ke Luar Negeri

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya