Kisah Rengkuh Bangun Startup Plepah karena Resah dengan Sampah

Plepah mengolah pelepah pisang jadi bungkus makanan

Jakarta, IDN Times - Rengkuh Banyu Mahandaru adalah seorang karyawan swasta sebelum 2019. Namun, keresahan akan sampah membuatnya membangun Plepah.

Rengkuh mengaku senang jasa aplikasi pemesanan makanan muncul. Namun, ia khawatir karena limbah plastik meningkat.

"Karena ada satu waktu kita pesan ayam geprek atau apa lah ke kantor. itu satu ayam geprek dibungkusnya itu ada sekitar 4 styrofoam boks. Nasinya dipisah, kol dipisah, sambal dipisah, ayamnya dipisah," ujarnya dalam Indonesia Millenial and Gen Z Summit 2023 di Senayan Park, Jakarta, Minggu (26/11/2023).

Kemudian, ia menyadari dampak buruk limbah yang tak dikelola dengan baik ketika liburan ke Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Saat itu, ia melihat laut yang kotor saat menyelam di sana.

"Akhirnya ngerasain bahwa dampak dari pengelolaan limbah yang tidak baik akhirnya merusak kondisi alam, khsusnya laut kita," ujarnya.

Singkat cerita, ia pergi ke Jambi untuk mencari material yang bisa dipakai sebagai pengganti bungkus makanan plastik. Di sana, ia diberi tahu bahwa nama Jambi itu berasal dari kata Jambe yang berarti pelepah pisang.

"Akhirnya makin mentriger kita mengeksplor lebih jauh potensi yang kita sebut abandon material atau kita sebut agricultural ways," ujarnya.

IDN Media menggelar Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2023, sebuah konferensi independen yang khusus diselenggarakan untuk dan melibatkan generasi Milenial dan Gen Z di Tanah Air. Dengan tema Purposeful Progress, IMGS 2023 bertujuan membentuk dan membangun masa depan Indonesia dengan menyatukan para pemimpin dan tokoh nasional dari seluruh nusantara.

IMGS 2023 diadakan pada 24 - 26 November 2023 di Pulau Satu dan Dome Senayan Park, Jakarta. Dalam IMGS 2023, IDN Media juga meluncurkan Indonesia Millennial and Gen-Z Report 2024.

Survei ini dikerjakan oleh IDN Research Institute bekerja sama dengan Advisia sebagai Research Partner. Melalui survei ini, IDN Media menggali aspirasi dan DNA Milenial dan Gen Z.

Baca Juga: Medsos untuk Aksi Lingkungan, Dion Wiyoko: Jangan Mikirin Viral Dulu!

Baca Juga: Teknologi dan Lingkungan Menjadi Kunci Utama Pertanian Modern di IKN

Baca Juga: Peduli Iklim dan Alam, Gen Z Bersedia Beli Produk Ramah Lingkungan

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya